Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bos SpaceX Pamerkan Puluhan Satelit Proyek Starlink

Teknologi antariksa poptech SpaceX
Ellavie Ichlasa Amalia • 14 Mei 2019 04:39
Jakarta:CEO SpaceX, Elon Musk memamerkan 60 satelit yang perusahaannya akan luncurkan minggu ini. Enam puluh satelit itu adalah gelombang pertama dari ribuan satelit yang akan SpaceX luncurkan dalam waktu beberapa tahun ke depan untuk menyediakan internet.
 
Pada hari Sabtu lalu, di Twitter, Musk mengunggah gambar puluhan satelit yang dimasukkan ke dalam kerucut ujung dari roket Falcon 9 yang akan membawa satelit-satelit itu ke luar angkasa. Satelit tersebut adalah unit operasional pertama yang menjadi bagian dari program Starlink milik SpaceX.
 
Starlink adalah program untuk meluncurkan hampir 12 ribu satelit ke orbit rendah Bumi untuk memancarkan internet ke permukaan, menurut laporan The Verge. Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (FCC) telah memberikan izin pada SpaceX untuk meluncurkan ribuan satelit dalam dua kelompok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelompok pertama terdiri dari 4.409 satelit sementara kelompok kedua terdiri dari 7.518 satelit. Grup kedua akan ada di orbit yang sedikit lebih rendah dari yang pertama.
 
Bersama-sama, ribuan satelit ini akan bergerak secara seirama mengitari Bumi, memberikan akses internet ke semua kawasan di planet.

Sebelum ini, SpaceX baru meluncurkan dua satelit pengujian, yang disebut TinTin A dan TinTin B. Keduanya diterbangkan pada Februari 2018.
 
Menurut laporan Musk dan investor SpaceX, dua satelit itu memberikan performa yang baik. Karena itu, SpaceX berhasil meminta izin FCC untuk menerbangkan satelit ke orbit yang lebih rendah dari rencana semula.
 
Sekarang, SpaceX bersiap untuk meluncurkan satelit operasional sebagai bagian dari Starlink. Enam puluh satelit pertama ini memiliki desain yang berbeda dari satelit TinTin, menurut Musk.
 
Namun, president dan COO SpaceX, Gwynne Shotwell mengatakan bahwa satelit tersebut masih tidak memiliki fitur yang diperlukan untuk proyek akhir, lapor Space News.
 
Puluhan satelit ini memang memiliki antena untuk berkomunikasi dengan Bumi. Mereka juga dapat bergerak di luar angkasa. Namun, mereka tidak akan bisa berkomunikasi dengan satu sama lain. Pada akhirnya, Shotwell menyebut puluhan satelit ini sebagai satelit "demonstrasi".
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif