AMD Segera Atasi Isu Spesifikasi RX 560
Radeon RX 560
Jakarta: Beberapa waktu lalu sebuah laporan mengatakan AMD ternyata merilis dua varian kartu grafis Radeon RX 560 ke pasar. Keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda, namun beberapa vendor masih menjualnya dengan nama yang sama.

Hal tersebut membuat konsumen dibingungkan karena tidak ada tanda yang membedakan mana RX 560 dengan spesifikasi yang lebih baik atau lebih rendah.

Mendengar hal tersebut, AMD akhirnya angkat bicara. Kepada PC GAMER, AMD mengkonfirmasi pihaknya memang merilis dua varian kartu grafis RX 560.


Varian pertama adalah yang diumumkan oleh AMD pada bulan April 2017 yang memiliki 16 compute unit dan 1024 stream processor. Sementara varian kedua yang baru tampil memiliki 14 compute unit dan 896 stream processor.

AMD juga mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan produsen kartu grafis dan vendor AIB agar keduanya dibedakan sehingga konsumen tidak bingung saat memilih dua kartu grafis tersebut.

"Benar kami merilis dua varian kartu grafis RX 560. Kami memperkenalkan versi dengan 14 compute unit pada pertengahan tahun ini. Tujuannya adalah agar pengguna memiliki lebih banyak pilihan dan bisa menyesuaikan kartu grafis dengan kebutuhannya," ujar pihak AMD.

"Kami akan melakukan komunikasi dengan mitra AIB dan vendor agar hal ini tidak terulang. Kami mohon maaf atas isu ini."

Varian RX 560 dengan compute unit yang lebih sedikit sebenarnya sudah pernah dirilis untuk beberapa wilayah Asia pada pertengahan tahun.

Namun, kartu grafis tersebut hadir dengan nama RX 560D untuk membedakan varian dan menandakan kalau kartu garfis ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah. 

Di beberapa wilayah lain, vendor kartu grafis masih menggunakan nama RX 560 tanpa huruf "D" di varian yang memiliki 14 compute unit. Hal tersebut membuat konsumen kesulitan untuk mengenali setiap varian karena satu-satunya cara untuk mengenalinya adalah melihat langsung spesifikasi internalnya.



(MMI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360