Samsung perkenalkan versi pembaruan dari Ambient Mode pada jajaran televisi cerdasnya.
Samsung perkenalkan versi pembaruan dari Ambient Mode pada jajaran televisi cerdasnya.

Ambient Mode Sulap Smart TV Samsung Jadi Lukisan

Teknologi samsung
Lufthi Anggraeni • 26 Maret 2019 07:25
Singapura: Samsung mengumumkan kehadiran pembaruan dari fitur Ambient Mode pada rangkaian televisi cerdas terbarunya. Fitur ini memungkinkan televisi menampilkan gambar lukisan saat perangkat dalam kondisi siaga.
 
“Saat ini terjadi perubahan soal kebiasaan menonton televisi orang Indonesia semakin berubah. Orang Indonesia saat ini hanya menghabiskan waktu menonton TV selama 4,5 jam per harinya. Dengan mode ini, kami ingin meminimalisir kehadiran TV hanya sekadar sebagai kotak hitam,” ujar Senior Product Marketing Manager TV dan Audio Visual Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin.
 
Uday menjelaskan fitur Ambient Mood memiliki kelebihan yang bisa menyesuaikan kumpulan gambar konten seni serta mampu berkamuflase sesuai dengan desain interior di rumah penggunanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, fitur ini bisa dijadikan sebagai medium untuk memajang foto keluarga atau foto lainnya. Pengguna hanya perlu mengirimkan foto dari aplikasi SmartThings, yang akan ditampilkan saat TV dalam kondisi tidak dinyalakan sehingga sesuai menjadi desain interior di dinding yang diinginkan.
 
Diklaim lebih baik dari generasi pendahulunya, Ambient Mode generasi terbaru ini memungkinkan foto yang dikirimkan pengguna dari ponsel ke layar TV ditampilkan dengan ukuran lebih lebar dari generasi sebelumnya serta berefek serupa sketsa.
 
Sebelumnya, fitur ini berkemampuan menampilkan foto dalam kotak kecil atau grid. Selain itu, Ambient Mode generasi terbaru ini juga didukung fitur dekor dengan dukungan galeri lukisan yang dapat ditampilkan pada layar dalam jumlah lebih banyak.
 
Hanya dapat dinikmati dalam kondisi layar siaga, artinya televisi tidak sepenuhnya nonaktif. Namun, Ubay mengklaim bahwa konsumsi daya listrik televisi akan lebih kecil jika dibandingkan dengan kondisi aktif, yaitu hanya sebesar 40 persen dari konsumsi daya listrik saat aktif.
 
Fitur ini tersedia pada rangkaian televisi cerdas baru yang diperkenalkan pada ajang Samsung Forum 2019 di Sentosa, Singapura, yaitu seri TV 4K dan seri QLED 8K, termasuk seri Q950R yang akan diboyong ke Indonesia mulai bulan April mendatang.
 
Mode ini juga tersedia pada generasi terbaru TV cerdas bertajuk The Fame. Generasi sebelumnya dari TV lifestyle ini diperkenalkan pada tahun lalu, yang dirancang untuk dapat berkamuflase dengan desain interior ruangan.
 
Berbeda dengan televisi pada umumnya, The Frame hadir dengan desain berbingkai tambahan yang mengelilingi bodinya, serupa lukisan seni yang dibingkai. Bingkai atau frame menggunakan bahan serupa kayu dengan bekal magnet di masing-masing sudutnya.
 
Ketersediaan magnet ini memungkinkan pengguna untuk melepaskan bingkai dan menggantinya dengan bingkai lain yang dinilai lebih sesuai dengan desain yang diusung ruangan rumah mereka.
 
Samsung turut memperkenalkan lini televisi modular bertajuk The Wall dengan ukuran dan bentuk layar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. The Wall ditawarkan dengan harga USD350 ribu atau sekitar Rp5 miliar untuk ukuran 146 inci.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif