Ilustrasi kekuatan sinyal.
Ilustrasi kekuatan sinyal.

nPerf Klaim Internet Smartfren Paling Kencang

Teknologi telekomunikasi smartfren andromax
Cahyandaru Kuncorojati • 26 Juli 2018 10:32
Jakarta: Saat ini setiap pengguna layanan seluler di Indonesia biasanya memilih operator telekomunikasi yang bisa menyediakan koneksi internet paling kencang.
 
Di Indonesia, Medcom.id mencatat tidak kurang ada enam operator telekomunikasi yang menyediakan layanan seluler. Di antaranya adalah Telkomsel, XL , Indosat, Tri, dan Bolt. Siapakah yang paling cepat?
 
Aplikasi yang biasa digunakan untuk menguji kualitas koneksi internet layanan seluler nPerf merilis hasi risetnya di Indonesia. Mereka menyebutkan bahwa koneksi internet Smartfren yang paling cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai aplikasi gratis, nPerf bisa diunduh dan digunakan di smartphone. Aplikasi ini mengumpulkan data dari 319.522 tes yang dilakukan pengguna Indonesia, termasuk tes kecepatan, tes streaming, dan tes browsing.
 
Di blog resmi nPerf, disebutkan kecepatan unduh di jaringan 2G/3G/4G Smartfren menjadi yang paling kencang yakni rata-rata 13,9Mbps. Telkomsel yang selama ini digadang memiliki jaringan paling luas se-Indonesia mencatat kecepatan rata-rata 6,27Mbps.
 
nPerf Klaim Internet Smartfren Paling Kencang
 
Di posisi ketiga dan seterusnya ada Bolt dengan kecepatan rata-rata 5,85Mbps, XL dengan 5,41Mbps, dan Indosat yang mencapai rata-rata 2,82Mbps. Sementara di posisi paling bontot ada Tri dengan kecepatan rata-rata 2,75Mbps.
 
Namun, dalam pengujian upload atau unggah, Smartfren tidak di posisi paling cepat. Telkomsel menjadi paling unggul dengan kecepatan upload rata-rata 4,41Mbps. Dibelakangnya ada Smartfren dengan kecepatan 4,21Mbps, XL dengan 3,95Mbps, Tri yang mencapai 2,83Mbps, Indosat Ooredoo dengan 2,33Mbps, dan terakhir Bolt yang hanya 1,08Mbps.
 
nPerf Klaim Internet Smartfren Paling Kencang
 
Perlu diingat bahwa seluruh hasil ini dikumpulkan nPerf selama periode enam bulan tahun 2018 yaitu dari awal Januari hingga akhir Juni.
 
Lanjut ke catatan latensi atau jeda waktu pengantaran paket data ke perangkat, Smartfren mencatat latensi paling rendah, berarti koneksinya cukup stabil diukur dengan satuan mili second (ms).
 
Smartfren memiliki latensi 68,98ms dibelakangnya ada XL (85,53ms), Tri (92,64ms), Bolt (983,13ms), Telkomsel (101,51ms), dan Indosat (111,94ms). Namun dalam uji kecepatan loading saat browsing nPerf menemukan Telkomsel melakukan loading sangat singkat diikuti Smartfren, Tri, XL, Bolt, dan Indosat.
 
Posisinya kembali berbeda dalam uji streaming konten video dan musik. nPerf mencatat XL dan Bolt menjadi paling baik kualitasnya kemudian dibelakangnya ada Tri, Telkomsel, Smartfren, dan Indosat.
 
Terakhir, soal kualitas koneksi 4G nPerf mengambil hasil pengujian yang dilakukan sebanyak 156 ribu kali diparuh pertama tahun ini. Hasilnya Bolt dan Smartfren menjadi yang paling baik kualitas 4G.
 
nPerf Klaim Internet Smartfren Paling Kencang
 
Wajar saja karena kedua operator tersebut lebih banyak berfokus di jaringan 4G. Bolt sudah dirintis sejak awal, dan Smartfren yang bermigrasi dari CDMA langsung ke 4G LTE. Posisi seterusnya diisi secara berturut-turut oleh XL, Tri, Telkomsel dan Indosat.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif