IRAS mengenakan pajak pendapatan pada penghasilan yang berasal dari kegiatan blog atau aktivitas pemasaran pada media sosial.
IRAS mengenakan pajak pendapatan pada penghasilan yang berasal dari kegiatan blog atau aktivitas pemasaran pada media sosial.

Singapura Terapkan Pajak untuk Blog, Instagram dan YouTube

Teknologi waze
Lufthi Anggraeni • 17 Maret 2016 16:52
medcom.id: Badan pajak Singapura atau Inland Revenue Authority of Singapore (IRAS), mengirimkan surat pemberitahun kepada sejumlah pemilik blog, terkait dengan peraturan pajak pendapatan baru.
 
Seperti yang dilansir Yahoo News, surat pemberitahuan ini menyebut pendapatan yang berasal dari kegiatan blog atau aktivitas pemasaran pada media sosial masuk ke dalam daftar pendapatan yang dikenakan pajak.
 
Melalui surat tersebut, pemerintah Singapura meminta pemilik blog untuk menjelaskan sumber pendapatan, termasuk produk dan layanan yang diterima melalui situs mereka. Artinya, pemilik blog harus mencantumkan harga produk dan layanan yang bersifat sponsor, dan melaporkannya kepada IRAS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peraturan ini menuai reaksi dari para blogger Singapura. Menurut mereka, peraturan ini adalah hal yang ekstrem. Berdasarkan lansiran Channel News Asia, beberapa blogger menilai peraturan ini sebagai hal yang lucu dan berpotensi untuk menghancurkan ekosistem blog di Singapura.
 
IRAS mengumpulkan pendapatan pajak sebesar USD43,4 miliar pada tahun finansial 2014/2015. Total pajak ini disebut meningkat sebesar 4,4 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pajak ini juga berkontribusi sebesar 71,3 persen pada pendapatan operasional pemerintah Singapura.
 
Yahoo News juga menyebut, 54 persen dari pendapatan pajak atau sekitar SGD23,4 miliar, berasal dari pajak pendapatan, termasuk pajak pendapatan perusahaan, pajak pendapatan pribadi dan pajak withholding. IRAS mengungkapkan, peningkatan pajak sebesar 16 persen pada pendapatan pribadi yang lebih tinggi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif