Mozilla memperkenalkan Firefox Browser terbaru berbekal fitur Enhanced Tracking Protection.
Mozilla memperkenalkan Firefox Browser terbaru berbekal fitur Enhanced Tracking Protection.

Privasi Masih Jadi Fokus Mozilla di Peramban Baru

Teknologi teknologi mozilla firefox
Lufthi Anggraeni • 27 November 2019 19:29
Jakarta: Bersamaan dengan versi baru Firefox Lite, Mozilla juga memperkenalkan Firefox Browser terbaru. Pada peramban situs versi terbaru ini, Mozilla masih menekankan dan terfokus pada keamanan privasi pengguna.
 
Fokus ini diwujudkan Mozilla dengan membenamkan fitur bertajuk Enhanced Tracking Protection (ETP) pada Firefox Browser baru tersebut. Mozilla mengaku keputusannya menyematkan fitur ini didasarkan pada survei terkait dengan penggunaan Ad Blocker oleh pengguna internet di Indonesia.
 
“Berdasarkan survei yang kami lakukan per kuartal untuk mengetahui keinginan konsumen, fitur terkait privasi dan keamanan selalu masuk jajaran lima besar fitur paling diminta konsumen. Kami berupaya memenuhi keinginan dan kebutuhan ini, dan ingin menghadirkan rasa aman saat pengguna menggunakan Firefox,” ujar Staff Product Manager Core Browsers Mozilla Cindy Hsiang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hsiang menjelaskan bahwa fitur ETP pada Firefox Browser versi terbaru ini sudah aktif secara default sejak versi sebelumnya, sehingga pengguna tidak perlu mengaktifkan fitur tersebut secara manual.
 
Selain sebagai penguat perlindungan terhadap keamanan dan privasi pengguna, fitur ini juga diklaim Mozilla sebagai pembeda Firefox Browser dengan peramban karya perusahaan lain. Fitur ETP juga dimanfaatkan untuk menampilkan laporan terkait aktivitas pelacakan situs yang dikunjungi, bertajuk Firefox Privacy Protection.
 
Laporan yang ditampilkan pada dasbor perlindungan privasi ini juga diklaim Hsiang menjadi salah satu bentuk edukasi Mozilla terhadap pengguna. Hsiang menyebut bahwa dengan menampilkan data, pengguna akan menjadi lebih tahu, yang berimbas pada peningkatan kesadaran mereka terhadap pentingnya keamanan privasi.
 
Fitur ETP ini bertugas mencegah cookies pelacak pihak ketiga untuk membuat profil berdasarkan aktivitas online pengguna. Selain itu, fitur ini juga mencatat jumlah password yang tidak aman, berpeluang menyebabkan kebocoran data, untuk mendorong pengguna mengganti passwordnya secara berkala.
 
Selain itu, fitur ETP ini juga berkemampuan mengelola password dan perangkat yang terhubung, dengan bantuan Firefox Lockwise.
 
Dengan demikian, pengguna dapat melihat jumlah password yang tersimpan di Firefox Lockwise, serta memantau dan mengatur jumlah perangkat yang menggunakan password tersebut.
 
Sebagai informasi, sejak diluncurkan, fitur ETP ini diklaim telah memblokir sebanyak lebih dari 400 miliar pelacak, dengan lebih dari 10 miliar pelacak diblokir setiap hari di seluruh dunia. Untuk pasar Indonesia, Firefox memblokir rata-rata sebanyak 197 pelacak.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif