Oppo.
Oppo.

Oppo Jadi Raja Pasar HP di Indonesia Q3 2020

Teknologi teknologi gadget oppo
Cahyandaru Kuncorojati • 12 November 2020 19:03
Jakarta: Oppo mungkin belum menjadi penguasa pasar HP atau smartphone di dunia tapi mereka sudah berhasil menguasai salah satu pasar terpenting yaitu Indonesia. Oppo dilaporkan menjadi penguasa di kuartal ketiga (Q3) tahun ini.
 
Informasi ini datang dari firma riset pasar Canalys yang tanpa kabar merilis data mengenai pasar HP atau smartphone Indonesia periode kuartal ketiga tahun ini.
 
Oppo mengusasi pasar HP di Indonesia dengan market share atau pangsa pasar mencapai 24 persen. Meskipun begitu bisnisnya sempat terdampak oleh pandemi karena pertumbuhannya dilaporkan minus empat persen dibandingkan kuartal ketiga 2019 alias setahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Posisi kedua ditempati Vivo dengan market share sama-sama 24 persen tapi menunjukan pertumbuhan 30 persen dari kuartal ketiga tahun lalu. Kemungkinan hal ini menandakan porsi bisnis Oppo masih lebih besar sehingga ditaruh di peringkat pertama.
 
Oppo Jadi Raja Pasar HP di Indonesia Q3 2020
 
Merek Xiaomi yang punya penggemar kuat di Indonesia puas di posisi ketiga dengan pangsa pasar 16 persen dan minus pertumbuhan yang cukup besar yaitu 27 persen dibandingkan kuartal yang sama di tahun 2019.
 
Bagaimana dengan Samsung? Merek ternama asal Korea Selatan ini berada di posisi keempat dengan pangsa pasar 15 persen serta catatan minus pertumbuhan bisnis yang terbesar dari yang lain yaitu minus 34 persen dari 2019.
 
Di posisi kelima ada merek termuda di pasar HP Tanah Air yaitu realme yang mencatatkan pangsa pasar 14 persen dan pertumbuhan positif 15 persen. Jadi bisa dibilang kondisi bisnis realme saat ini dalam kondisi baik.
 
Oppo Jadi Raja Pasar HP di Indonesia Q3 2020
 
Apakah berbeda dengan pasar HP di dunia atau global? Perbedaannya sangat jelas. Samsung mendominasi peringkat pertama kemudian dibelakangnya ada Huawei, Xiaomi dan Apple. Namun Oppo tetap masuk lima besar dengan membayangi Apple.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif