Foto: Nvidia
Foto: Nvidia

GTC 2022

Layanan Cloud Model Bahasa Besar Nvidia untuk Majukan AI dan Biologi Digital

Mohammad Mamduh • 23 September 2022 15:25
Jakarta: Nvidia hari ini mengumumkan dua layanan cloud AI model bahasa besar baru NeMo dan BioNeMo LLM.
 
Ini diklaim memungkinkan pengembang untuk mengadaptasi LLM dan menerapkan aplikasi AI dengan mudah, yang disesuaikan untuk pembuatan konten, ringkasan teks, chatbot, pengembangan kode, serta prediksi struktur protein dan properti biomolekuler, dan banyak lagi.
 
Layanan NeMo LLM memungkinkan pengembang cepat menyesuaikan sejumlah model dasar yang telah dilatih sebelumnya menggunakan metode pelatihan yang disebut prompt learning pada infrastruktur yang dikelola Nvidia.
 
Layanan Nvidia BioNeMo adalah antarmuka pemrograman aplikasi cloud (API) yang memperluas kasus penggunaan LLM di luar bahasa dan ke dalam aplikasi ilmiah untuk mempercepat penemuan obat untuk perusahaan farmasi dan biotek.
 
“Model bahasa besar memiliki potensi untuk mengubah setiap industri,” kata Jensen Huang, pendiri dan CEO, Nvidia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kemampuan untuk menyesuaikan model dasar menempatkan kekuatan LLM dalam jangkauan jutaan pengembang yang sekarang dapat membuat layanan bahasa dan mendorong penemuan ilmiah tanpa perlu membangun model besar-besaran dari awal.”
 
Dengan Layanan LLM NeMo, pengembang dapat menggunakan data pelatihan mereka sendiri untuk menyesuaikan model fondasi mulai dari 3 miliar parameter, hingga Megatron 530B, salah satu LLM terbesar di dunia. Prosesnya hanya memakan waktu beberapa menit hingga berjam-jam dibandingkan dengan minggu atau bulan yang dibutuhkan untuk melatih model dari awal.
 
Model disesuaikan dengan pembelajaran cepat, yang menggunakan teknik yang disebut p-tuning. Hal ini memungkinkan pengembang untuk menggunakan hanya beberapa ratus contoh untuk secara cepat menyesuaikan model fondasi yang awalnya dilatih dengan miliaran titik data.
 
Proses kustomisasi menghasilkan token prompt khusus tugas, yang kemudian digabungkan dengan model dasar untuk memberikan akurasi yang lebih tinggi dan respons yang lebih relevan untuk kasus penggunaan tertentu.
 
Pengembang dapat menyesuaikan untuk beberapa kasus penggunaan menggunakan model yang sama dan menghasilkan banyak token cepat yang berbeda. Fitur playground menyediakan opsi tanpa kode untuk bereksperimen dan berinteraksi dengan model dengan mudah, yang selanjutnya meningkatkan efektivitas dan aksesibilitas LLM untuk kasus penggunaan khusus industri.
 
Layanan BioNeMo LLM Bantu Peneliti Manfaatkan Kekuatan Massive Model Layanan BioNeMo LLM mencakup dua model bahasa BioNeMo baru untuk bidang kimia dan biologi. Ini memberikan dukungan untuk data protein, DNA, dan kimia untuk membantu para peneliti menemukan pola dan wawasan dalam urutan
biologis.
 
BioNeMo memungkinkan peneliti memperluas cakupan pekerjaan mereka dengan memanfaatkan model yang berisi miliaran parameter. Model yang lebih besar ini dapat menyimpan lebih banyak informasi tentang struktur protein, hubungan evolusioner antara gen, dan bahkan menghasilkan biomolekul baru untuk aplikasi terapeutik.
     
Cloud API Menyediakan Akses ke Megatron 530B, Model Siap Pakai Lainnya Selain menyetel model dasar, layanan LLM menyertakan opsi untuk menggunakan model siap pakai dan khusus melalui API cloud.
     
Ini memberi pengembang akses ke berbagai LLM yang telah dilatih sebelumnya, termasuk Megatron 530B. Ini juga menyediakan akses ke model T5 dan GPT-3 yang dibuat dengan kerangka kerja Nvidia NeMo Megatron — sekarang tersedia dalam versi open beta— untuk mendukung berbagai aplikasi dan persyaratan layanan multibahasa.
 
Para pemimpin di bidang otomotif, komputasi, pendidikan, perawatan kesehatan, telekomunikasi, dan industri lainnya menggunakan NeMo Megatron untuk merintis layanan bagi pelanggan dalam bahasa Cina, Inggris, Korea, Swedia, dan bahasa lainnya.
 
Layanan NeMo LLM dan BioNeMo serta API cloud diharapkan tersedia secara early access mulai bulan depan.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif