Mengutip BGR, akun ChatGPT Free dapat model penalaran, menggunakan model penghasil gambar 4o viral, dan menghasilkan laporan Deep Research. Laporan Deep Research dirilis pada pekan lalu saat OpenAI mengumumkan model o4-mini berkemampuan menangani tugas Deep Research lebih ringan di seluruh platform berlangganan ChatGPT.
Namun fitur ChatGPT dengan peningkatan kemampuan yang tersedia untuk pengguna versi gratis ini masih tidak benar-benar gratis, setidaknya untuk jangka waktu dekat. Saat ini, pengguna akun ChatGPT Free tidak harus berurusan dengan iklan.
Artinya, pengguna tersebut tidak membayar akses ChatGPT dengan data mereka, seperti yang pengguna lakukan dengan akses Gmail atau Facebook versi gratis. Hal ini berpotensi berubah dalam waktu dekat, sebab OpenAI dilaporkan mempertimbangkan untuk melakukan monetisasi pada pengguna ChatGPT Free.
Ini bukan kali pertama beredar informasi soal peluang ChatGPT untuk dimeriahkan oleh iklan, namun prospeknya lebih memungkinkan. OpenAI dilaporkan telah mempertimbangkan soal berbagai faktor tentang jenis pendapatan yang akan dihasilkan ChatGPT Gratis dengan iklan.
OpenAI dilaporkan memprediksi perolehan pendapatan sekitar USD125 miliar (Rp2.104,9 triliun) pada tahun 2029. Namun, grafik dari laporan tersebut muncul di media sosial, menunjukkan perbedaan besar antara proyeksi Musim Gugur 2024 dan Musim Dingin 2025.
Kendati hanya berjarak beberapa bulan, grafik tersebut menunjukkan perubahan besar dalam perspektif selama periode tersebut. Jika datanya akurat, OpenAI memperkirakan dapat mencapai pendapatan USD125 miliar pada tahun 2029, USD25 miliar (Rp421 triliun) lebih banyak dari perkiraan sebelumnya.
Pencapaian tersebut sebagian besar berkat kategori produk baru yang mencakup monetisasi pengguna gratis. Sebelumnya, OpenAI memperkirakan perusahaannya akan menghasilkan pendapatan tambahan sebesar USD3 miliar (Rp50,5 triliun) dengan bantuan kategori tersebut tahun depan.
Hal ini dinilai sebagai indikasi bahwa iklan akan hadir di ChatGPT pada suatu saat di tahun mendatang. Sementara itu, CEO OpenAI Sam Altman pernah mengungkapkan ketidaksukaannya terhadap iklan di web dalam wawancara sebelumnya.
Kala itu, dalam pernyataan resminya OpenAI mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk memasang iklan saat meluncurkan ChatGPT Search tahun lalu. Namun, laporan akhir tahun 2024 mengonfirmasi bahwa OpenAI mengeksplorasi peluang menampilkan iklan di layanan ChatGPT Free.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News