Hoaks Presiden Joko Widodo mendapatkan Silver Play Button dari YouTube. (Antara)
Hoaks Presiden Joko Widodo mendapatkan Silver Play Button dari YouTube. (Antara)

Mengenal Silver Play Button di YouTube

Teknologi youtube teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 28 Juli 2020 21:07
Jakarta: Beberapa waktu lalu beredar hoaks yang memperlihatkan Presiden RI Joko Widodo memegang sebuah pelat berwarna perak yang berasal dari YouTube. Hoaks mengklaim bahwa ini adalah penghargaan karena Covid-19 di Indonesia menembus 100.000 kasus.
 
Terlepas dari konfirmasi bahwa foto yang beredar ini merupakan hoaks, banyak netizen yang bertanya mengenai benda bernama Silver Play Button yang dipegang sosok Jokowi dan disebut sebagai penghargaan dari YouTube.
 
Apa itu Silver Play Button? Benda ini merupakan bukti apresiasi kepada YouTuber karena sudah memiliki lebih dari 100 ribu subsciber atau pengikut di channel mereka. Penghargaan ini dijelaskan YouTube di halaman resmi mereka sebagai bagian dari program Creator Awards.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Program YouTube Creator Awards adalah cara kami untuk mengakui upaya luar biasa yang dicurahkan para kreator di channel mereka. Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan Creator Awards, Anda harus memenuhi kriteria kelayakan dan menyediakan informasi yang diperlukan," tulis YouTube.
 
Mengenal Silver Play Button di YouTube
 
Penghargaan bernama Play Button ini diberikan berdasarkan jumlah subscriber yang sudah dimiliki oleh sebuah channel atau kreator. Misalnya, Silver Play Button untuk jumlah 100.000 subscriber alias yang terendah.
 
Di atasnya masih ada Gold Play Button dengan satu juta subscriber, Diamond Play Button untuk 10 juta subscriber, dan paling tinggi adalah Red Diamond Play Button apabila memiliki 100 juta subscriber. Tentunya semua konten yaang dimiliki harus mematuhi kebijakan YouTube.
 
Di Indonesia, sudah banyak channel YouTube kreator lokal yang mendapatkan penghargaan Play Button termasuk untuk Diamond Play Button. Penghargaan tertinggi berupa Red Diamond Play Button baru dimiliki oleh channel PewDiePie dan T-Series.
 
PewDiePie merupakan YouTuber tersukses sekaligus terkaya di dunia yang berawal dari konten bermain game. Berbeda dengan T-Series yang merupakan rumah produksi film sekaligus label musik asal India.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif