Ilustrasi.
Ilustrasi.

Motherboard AMD X470 dan B450 Dukung Prosesor Zen 3

Teknologi teknologi amd hardware amd ryzen
Cahyandaru Kuncorojati • 22 Mei 2020 14:50
Jakarta: Rasa kecewa penggemar prosesor AMD akhirnya bisa terobati. Perusahaan tersebut baru saja mengumumkan bahwa arsitektur terbarunya yaitu Zen 3 yang bakal digunakan di keluarga baru AMD Ryzen 5000 series akan mendukung chipset yang sudah ada.
 
Sebelumnya, AMD sudah menyampaikan informasi bahwa arsitektur prosesor tersebut membutuhkan chipset motherboard baru. Padahal selama ini AMD disukai penggemarnya karena teknologi prosesornya selalu kompatibel dengan generasi chipset yang sudah ada.
 
Artinya, pengguna prosesor AMD tidak harus melakukan upgrade motherboard saat menggunakan prosesor baru. Mereka akan menerima update firmware untuk meningkat sedikit kemampuan chipset yang sudah ada, meskipun chipset baru pasti membawa teknologi pendukung performa yang lebih baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: AMD Rilis Ryzen 3 3300X dan Ryzen 3 3100
 
Kepada Medcom.id pihak AMD menyatakan bahwa arsitektur prosesor Zen 3 nantinya bisa bisa digunakan di motherboard chipset X470 dan B450. Hal ini seperti didorong oleh permintaan dari penggemar AMD. Jadi prosesor AMD Ryzen 5000 Series nantinya masih kompatibel dengan teknologi soket AM4.
 
AMD memang sempat berjanjikan untuk menyediakan dukungan dan kompabilitas teknologi terbaru ke motherboard soket AM4 hingga tiga tahun ke depan. Namun ini akan menjadi dukungan terakhir sebelum pengguna AMD harus beralih ke platform baru.
 
Pengumuman AMD tersebut juga berisi pemberitahuan. Dukungan ini nantinya tidak akan menjanjikan kecepatan dalam dukungan update BIOS saat menggunakan Zen 3 di platform soket AM4.
 
Baca: 2020, AMD Fokus Teknologi CPU dan GPU Baru
 
Update BIOS ini juga akan menghapus dukungan chipset ke prosesor generasi sebelumnya. Alasannya, AMD membutuhkan ruang baru untuk BIOS prosesor baru dalam dan chipset di motherboard yang sudah ada memiliki kapasitas memori terbatas.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif