(keempat dari kiri) CEO & President AMD, Dr. Lisa Su.
(keempat dari kiri) CEO & President AMD, Dr. Lisa Su.

2020, AMD Fokus Teknologi CPU dan GPU Baru

Teknologi teknologi amd hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Maret 2020 11:54
Jakarta: Akhir pekan lalu AMD menggelar acara bertajuk Financial Analyst Day. Di sini AMD memaparkan rencana pertumbuhan bisnisnya dengan pengembangan teknologi baru di CPU dan GPU multi-generation di segmen consumer dan data center.
 
"Skema CPU dan GPU multi-generation berperfoma tinggi kami dirancang secara signifikan untuk mempercepat pertumbuhan keuntungan dan peningkatan laba bagi para pemegang saham kami”," tutur CEO & President AMD , Dr. Lisa Su.
 
"Sekarang, kami fokus dalam eksekusi seluruh portofolio lini bisnis AMD dan secara berkala mulai agresif untuk memperkenalkan teknologi muktahir untuk meningkatkan pangsa pasar secara bertahap khususnya untuk pasar PC berkomputasi tinggi, gaming, dan data center," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disebutkan AMD, mereka akan mulai memperkenalkan CPU atau prosesor berbasis arsitektur Zen 3 pada akhir tahun 2020. Kemudian Zem 4 sedang dalam tahap pengembangan dengan mengandalkan fabrikasi 5nm, bukan 7nm lagi.
 
Dalam peningkatan performa, AMD akan memperluas penggunaan chipset dan fabrikasi die-stacking termasuk di dalamnya teknologi X3D. Harapannya kombinasi keduanyadan proses die-stacking 2,5 dan 3D memberikan peningkatan transfer data hingga 10 kali lipat.
 
Ditambah, AMD juga akan memperkenalkan generasi ketiga dari AMD Infinity Architecture yang mengoptimalkan penyimpanan yang sama pada CPU dan GPU sehingga mempercepat pemrosesan data.
 
Pertumbuhan GPU AMD yang pesat juga akan menerima optimalisas performa. Generasi kedua dari arsitektur AMD RDNA yang sudah digunakan pada Radeon RX 5000 Series akan ditingkatkan performanya 50 persen dibandingkan generasi pertama.
 
Generasi kedua AMD RDNA direncanakan hadir di pasar pada akhir 2020. Di dalamnya tersedia dukungan teknologi hardware-accelerated ray tracing dan variable rate shading. Di segmen data center AMD mengumumkan arsitektur AMD Compute DNA (CDNA) terbaru.
 
Arsitektur AMD CDNA generasi kedua juga akan mendukung generais ketiga dari AMD Infinity Architecture yang dapat mempercepat eskalasi pada supercomputer. AMD juga akan mengembangkan prosesor data center AMD EPYC generasi kedua di pasar enterprise, cloud, dan HPC.
 
Di pasar PC dan gaming, AMD mengklaim bahwa sejak 2017 pangsa pasar konsumen AMD mengalami hampir dua kali peningkatan. Berbagai mitra AMD telah menyediakan produk kartu grafis AMD ke 500 juta gamer, dari total 2,5 miliar gamer di seluruh dunia.
 
AMD juga mengklaim menguasai pasar penyedia chipset untuk konsol game dengan menjalin kerja sama jangka panjang bersama Microsoft dan Sony. Di tahun 2020, AMD berencana menyediakan produk dengan arsitektur Zen 3 di jajaran AMD Ryzen. Di kartu grafis AMD Radeon akan mengadopsi arsitektur AMD RDNA generasi kedua.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif