Marketing Director Advan, Tjandra Lianto. (Medcom.id)
Marketing Director Advan, Tjandra Lianto. (Medcom.id)

Advan Ingin Buat Experience Zone Demi Perbaiki Citra Lokal

Ellavie Ichlasa Amalia • 29 Mei 2018 15:24
Semarang: Indonesia memiliki lebih dari 260 juta penduduk. Lebih dari 100 juta diantaranya merupakan pengguna internet.
 
Indonesia merupakan negara mobile-first, artinya kebanyakan orang pertama kali mengenal internet melalui perangkat mobile, bukan komputer. Tidak heran jika Indonesia menjadi pasar penting bagi para perusahaan smartphone
 
Dari lima vendor smartphone terbesar di Indonesia saat ini, Advan adalah satu-satunya perusahaan asal Indonesia.

Salah satu masalah yang mereka temui, menurut Marketing Director Advan, Tjandra Lianto adalah persepsi masyarakat bahwa merek global -- seperti Samsung -- selalu lebih baik dari merek lokal. 
 
Tjandra menjelaskan, masalah yang kini dihadapi oleh merek lokal adalah masalah yang sama yang dihadapi oleh merek asal Tiongkok beberapa tahun lalu. Pada awalnya, dia mengatakan, merek Tiongkok diidentikkan dengan kualitas yang kurang bagus.
 
"Seiring dengan berjalannya waktu, mereka bisa mengubah persepsi negatif ini menjadi positif," katanya. 
 
Dia ingin, merek lokal bisa mengubah persepsi masyarakat terhadap produk mereka, sama seperti yang dilakukan oleh perusahaan Tiongkok. Dia mengungkap, smartphone lokal memiliki isi yang kurang lebih sama dan pengalaman penggunaan yang tidak jauh berbeda. 
 
"Kita mau mereka merasakan itu. Kita tidak ada bedanya dengan merek global," kata Tjandra.
 
"Kalau konsumen membutuhkan fitur dan harga, maka kita bisa menjadi salah satu pilihan mereka." Salah satu hal yang dia ingin lakukan untuk memperbaiki citra merek lokal, khususnya Advan, adalah dengan membentuk tempat yang disebut sebagai "Experience Zone". 
 
Tjandra membayangkan sebuah Experience Zone yang ada di toko penjual ponsel seperti Okeshop atau Erajaya.
 
"Jadi, konsumen yang datang bisa mencoba produk Advan dan membandingkannya dengan merek lain," katanya. Cara lain yang akan Advan gunakan adalah pengembangan komunitas. 
 
Sekarang, G2 masih menjadi smartphone unggulan Advan. Menariknya, meski ponsel ini memiliki harga sekitar Rp2 juta, Advan G2 lebih laku jika dibandingkan dengan Advan i6, yang masuk ke dalam rentang harga Rp1 juta. Ini menunjukkan bahwa rencana Advan untuk "naik kelas" cukup sukses. 
 
Tjandra mengatakan, untuk penjualan smartphone kelas pemula, mereka akan fokus pada Daerah Tingkat dua, atau kawasan di sekitar kota-kota besar. "Sementara seri flagship, kita coba fokuskan di kota-kota besar dan juga online," ujar Tjandra. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan