YouTube menyebut fitur ini berbeda dengan format kilas balik sebelumnya seperti YouTube Rewind yang bersifat umum dan terpusat pada tren global, sebab menawarkan cerminan unik dari berbagai video, saluran, dan topik tontonan yang menyebabkan pengguna menghabiskan waktu menonton rentetan video selama setahun terakhir.
Fitur ini mulai digulirkan untuk pengguna di seluruh dunia pada minggu pertama bulan Desember, menyusul peluncuran awalnya di Amerika Utara. Kehadiran Recap 2025 menjadi jawaban atas permintaan pengguna yang menginginkan rangkuman akhir tahun serupa dengan yang ditawarkan oleh platform streaming musik, seperti Spotify Wrapped.
Salah satu elemen paling menarik dari YouTube Recap 2025 adalah kemampuannya untuk mengklasifikasikan pengguna ke dalam Tipe Kepribadian Penonton berdasarkan pola tontonan mereka. Setelah melakukan puluhan pengujian konsep dan mengumpulkan masukan dari pengguna, YouTube berhasil merancang kategori yang menggambarkan cara unik pengguna berinteraksi dengan konten.
Beberapa contoh tipe kepribadian yang diungkapkan mencakup, pembangun keterampilan atau Skill Builder, pencari keajaiban atau wonder seeker, penyebar sinar matahari atau sunshiner, dan petualang atau adventurer.
Skill Builder merupakan tipe kepribadian bagi pengguna yang sering menonton tutorial, video DIY, atau materi pembelajaran baru, sedangkan wonder seeker merupakan pengguna yang tertarik pada konten orisinal dan eksperimental.
Sementara itu, sunshiner diberikan kepada mereka yang lebih sering mencari konten yang ringan, menghibur, dan membuat perasaan senang, sedangkan adventurer diberikan untuk pengguna yang senang menjelajahi konten baru dari berbagai topik dan genre.
YouTube menyatakan bahwa fitur ini dirancang tidak hanya untuk menyajikan data, juga untuk memberikan refleksi dan identitas unik bagi setiap penonton. Recap 2025 disajikan dalam serangkaian hingga 12 kartu yang dapat dibagikan atau shareable cards, yang merangkum metrik tontonan kunci selama tahun 2025.
Rincian ini jauh lebih mendalam dibandingkan fitur tahunan yang pernah ada sebelumnya. Beberapa sorotan yang akan ditemukan pengguna dalam Rekap mereka meliputi beberapa hal sebagai berikut.
1. Saluran Teratas, yaitu kanal yang paling sering dikunjungi dan ditonton sepanjang tahun.
2. Minat Mendalam atau Deep Dives, yaitu topik atau niche tertentu yang paling membuat pengguna menghabiskan waktu menonton rentetan video.
3. Evolusi Kebiasaan Menonton, yaitu bagaimana minat tontonan pengguna berubah dari bulan ke bulan.
4. Rentetan Tontonan atau Watch Streak, yaitu durasi terpanjang atau sesi terlama yang dihabiskan dalam menonton satu jenis konten.
Bagi pengguna yang juga mengandalkan YouTube sebagai sumber utama musik, fitur Recap tahun ini terintegrasi dengan data YouTube Music. Pengguna akan melihat rangkuman Artis dan Lagu Teratas mereka untuk tahun 2025.
Selain itu, pengguna YouTube Music akan mendapatkan pengalaman lebih terperinci di aplikasi terpisah, termasuk genre dan album favorit, podcast yang paling sering didengarkan, serta analisis mendengarkan musik internasional.
YouTube Recap 2025 dapat diakses dengan mudah di kedua platform, baik aplikasi seluler maupun desktop. Pengguna hanya perlu masuk ke akun dan mencarinya di halaman utama atau homepage, yang kerap muncul sebagai banner khusus.
Kemudian, pengguna perlu mencari Tab Anda atau You tab, di aplikasi seluler dan desktop, biasanya terletak di menu akun, lalu Link Langsung yang dapat juga diakses melalui tautan khusus youtube.com/recap.
Setelah melihat kartu rangkuman pribadi mereka, pengguna didorong untuk menyimpan dan membagikan hasilnya di berbagai platform media sosial, memungkinkan mereka untuk membandingkan pengalaman menonton dengan teman-teman dan komunitas.
Dengan memperkenalkan Recap 2025 yang sangat personal ini, YouTube berhasil menjembatani kesenjangan antara platform video dan layanan streaming musik dalam hal fitur akhir tahun, memberikan momen nostalgia dan refleksi yang unik bagi miliaran penggunanya di seluruh dunia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News