Ilustrasi: Forbes
Ilustrasi: Forbes

Waze : Peran Komunitas Sangat Penting

Teknologi waze
Lufthi Anggraeni • 09 Mei 2016 10:56
medcom.id: Aplikasi peta navigasi interaktif, Waze, menyebut peran komunitas dalam operasionalisasinya sangatlah penting. Hal ini karena aplikasi ini mengandalkan laporan dari komunitas penggunanya dalam mendapatkan informasi lalu lintas secara real-time.
 
"Manajemen komunitas sangatlah penting bagi kami. Mendengarkan komunitas dan memberikan ruang untuk komunitas untuk berpartisipasi, namun tetap jaga konten tetap rekevan dengan kebutuhan pengguna juga sangat penting," ujar Head of Business Development Waze Asia, Amir Mirzaee kepada Metrotvnews.com.
 
Mirzaee juga menyebut menjaga hubungan dengan anggota komunitas pengguna aplikasinya tetap akan menjadi fokus mereka di tahun-tahun mendatang. Hal ini disebut Mirzaee, karena awal mula kehadiran Waze adalah sebagai proyek untuk masyarakat dan berbasis komunitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Waze mengungkap mengandalkan komunitasnya untuk melakukan update terkait kondisi jalan yang terkena dampak insiden tidak terencana, seperti insiden pemboman di Thamrin pada Januari lalu.
 
Mengandalkan komunitas untuk peristiwa insidental, Wase menyebut memiliki tim khusus yang bertugas mengawasi lalu lintas. Tim ini bertugas untuk menyediakan laporan terkait aktivitas terencana seperti penyelenggaraan konser atau lomba lari maraton.
 
Waze juga mengklaim memiliki hubungan baik dengan pemerintah lokal, sehingga dapat memperoleh data terkait kegiatan terencana tersebut.
 
Terfokus untuk menjaga hubungan dengan komunitas dengan memberikan kesempatan untuk berkontribusi, tidak membuat Waze memberikan kendali penuh kepada komunitas. Mirzaee menyebut setiap laporan yang dikirimkan oleh pengguna akan dianalisa melalui mekanisme validasi.
 
Validasi ini dilakukan dengan menganalisa jumlah laporan terkait dengan insiden lalu lintas yang dikirimkan. Mirzaee menyebut, Waze akan menampilkan informasi terkait dengan insiden yang terjadi di lokasi tertentu, jika laporan tersebut semakin banyak.
 
Waze merupakan aplikasi peta navigasi interaktif berbasis GPS yang dibuat oleh Waze Mobile. Sebelumnya bernama Freemap, aplikasi ini dibuat sebagai proyek komunitas yang dimulai sejak 2006. Sementara itu, pada tahun 2013, Google mengakuisisi Waze untuk melengkapi data pada aplikasi peta miliknya, Google Maps.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif