Jerome Polin, Christie Basil dan Sonia Basil, content creator di program kampanye #SambilCuan YouTube Shorts.
Jerome Polin, Christie Basil dan Sonia Basil, content creator di program kampanye #SambilCuan YouTube Shorts.

YouTube Ajak UMKM Manfaatkan Fitur YouTube Shorts

Cahyandaru Kuncorojati • 27 Juni 2022 14:25
Jakarta: Di tengah tren bisnis skala usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang didirikan oleh anak muda dengan memanfaatkan platform digital, YouTube hadir dengan mengajak mereka memanfaatkan fitur YouTube Shorts lewat kampanye tagar #SambilanCuan.
 
Kampanye ini diluncurkan pada 27 Juni bertepatan dengan Hari UMKM Internasional. Di sesi media interview YouTube Indonesia mengajak kreator konten ternama Jerome Polin, Christie Basil dan Sonia Basil, berbagi cerita mereka mengembangkan bisnis lewat YouTube Shorts.
 
“Aku dan Sonia memang sejak kecil sudah dekat dengan dunia usaha, kayak bikin jajanan jadul lalu kita jual ke warung-warung, setelah itu kita juga pernah jualan tas yang terbuat kanvas lalu kita jual secara online,” ungkap Christie yang merupakan desainer dan Sonia pendiri Cakeology.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“YouTube Shorts jadi sarana kita belajar konten-konten apa yang disukai oleh audience yang mana merupakan bagian dari build brand awareness produk kita masing-masing. Kita jadi tau konten viral yang banyak disukai audience kita tuh gimana, cara storytelling yang menarik gimana, update trend produk dan banyak hal lagi, semua tersedia di YouTube Shorts,” tuturnya.
 
Konten edutainment menjadi fokus mereka saat ini meski dunia usaha yang mereka geluti berbeda namun mereka selalu mengedepankan konten yang real, apa adanya dan memperlihatkan berbagai tantangan yang mereka hadapi selama menjalani bisnis masing-masing.
 
“YouTube Shorts jadi cara kita untuk ceritain serta mengedukasi para penonton kita untuk mengetahui proses penggarapan, butuh waktu berapa lama serta kesulitan apa yang dihadapi apalagi pembuatan kue custom itu beda banget gak kaya kita beli kue jadi di toko langsung,” jawab Sonia.
 
Jerome Polin sendiri terkenal lewat konten edukasinya saat dia berkuliah di Jepang, saat ini dia juga banyak membagikan konten mengenai materi pelajaran tertentu. Jerome juga sukses dengan mendirikan bisnis bernama Menantea.
 
Konsistensi mereka mengunggah konten menarik di YouTube Short berhasil membantu terhubung dengan lebih banyak calon klien dari berbagai daerah hingga ke mancanegara.
 
Christie dan Sonia pun menyarankan kepada para pelaku bisnis muda yang masih berproses menjalankan bisnisnya untuk terus mengeksplorasi dan belajar untuk terus menjadi lebih baik lagi.
 
“Tiga hal yang saya pelajari sebagai kreator untuk mempromosikan bisnis adalah orang saat ini menggunakan banyak jenis perangkat, kedua harus lebih sering menciptakan interaksi yang bermakna dengan mempermudah orang untuk menghubungi dan mendapatkan bantuan. Dan yang terakhir adalah bangun hubungan dengan orang melalui cerita yang relevan,” jelas Jerome.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif