WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru bertajuk Communities.
WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru bertajuk Communities.

WhatsApp Siapkan Fitur Communities, Grup di Dalam Grup

Teknologi whatsapp
Lufthi Anggraeni • 09 November 2021 17:34
Jakarta: WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru bertajuk Communities, memungkinkan pengguna membuat kelompok atau grup dalam grup percakapan WhatsApp, seperti yang disampaikan oleh WABetaInfo.
 
Berdasarkan informasi tersebut, fitur baru WhatsApp ini dinilai akan berguna saat sekelompok ingin membicarakan topik spesifik tanpa repot membuat grup baru. Salah satu contoh pemanfaatan fitur ini adalah untuk pembahasan judul game tertentu di grup berisi komunitas gamer.
 
Dengan fitur ini, gamer dapat menggunakannya untuk membuat kanal sesuai dengan minat mereka. Sejumlah pihak ini menilai fitur ini serupa dengan fitur Channels di platform Discord, dan memungkinkan grup di WhatsApp tampil serupa server di Discord.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan gambar yang beredar, jendela percakapan Communities tampil serupa jendela percakapan WhatsApp lainnya. WhatsApp juga disebut tetap akan mendukung percakapan di Communities dengan sistem enkripsi end-to-end.
 
Namun, Communities memiliki ikon tersendiri, berupa bingkai kotak dengan sudut menyiku dan bukan bulat layaknya ikon WhatsApp pada umumnya. Sebelumnya, desain bingkai avatar atau gambar profil picture squared sempat ditemukan pada WhatsApp Beta Android 2.21.21.7, meski kemudian kembali ke bentuk sebelumnya.
 
Selain itu, Communities juga menyuguhkan beragam fitur atau alat untuk admin, sehingga dapat mengelola percakapan yang berlangsung dalam ruang percakapan tersebut. Salah satu alat tersebut memungkinkan admin mengundang calon partisipan Communities via tautan atau kode QR.
 
Selain informasi ini, tidak tersedia informasi lain menyoal fitur lain yang dapat dimanfaatkan admin Communities, ataupun platform yang akan dapat menikmati penawaran fitur baru ini atau waktu ketersediaannya.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif