Menurut prediksi Kuo, Apple tengah mengembangkan empat model kacamata pintar dan beberapa pembaruan untuk seri headset Vision, menandakan ambisi besar perusahaan asal Amerika Serikat ini di segmen Extended Reality (XR).
Mengutip GSM Arena, Kacamata pintar pertama Apple, disebut-sebut sebagai pesaing Ray-Ban Meta, diperkirakan akan memasuki tahap produksi massal pada kuartal kedua tahun 2027. Perangkat ini akan dilengkapi dengan fitur kamera, perekaman video, speaker, kontrol suara, dan kemampuan AI.
Kuo memproyeksikan perangkat ini akan didistribusikan sebanyak antara 3 juta hingga 5 juta unit pada tahun peluncurannya. Kehadiran kacamata ini diantisipasi akan mendorong permintaan kacamata pintar dari merek lain, bahkan berpotensi mencapai 10 juta unit pengiriman pada tahun 2027 secara keseluruhan.
Lebih lanjut, Apple juga dilaporkan sedang mengerjakan kacamata Extended Reality (XR) dengan layar LCoS, kontrol suara, dan dukungan gerakan, dijadwalkan masuk produksi massal pada kuartal kedua tahun 2028.
Selain itu, Apple juga dikabarkan menunda pengembangan sepasang kacamata aksesori tampilan yang dapat terhubung dengan perangkat Apple lain, termasuk iPhone, untuk penyempurnaan lebih lanjut. Sementara itu, seri headset Vision juga dilaporkan akan mendapatkan pembaruan signifikan.
Vision Pro yang diperbarui, berpotensi besar akan didukung chipset Apple M5, diperkirakan akan memulai debutnya akhir tahun ini, dengan produksi massal dimulai pada kuartal ketiga. Kuo memproyeksikan pengiriman antara 150.000 hingga 200.000 unit untuk model ini.
Kendati tidak ada perangkat Vision baru akan dirilis pada tahun 2026, setidaknya tiga headset baru yang tengah dikembangkan untuk tahun 2027 dan 2028, termasuk Vision Air, dijadwalkan pada kuartal ketiga tahun 2027.
Model ini diharapkan menjadi jauh lebih ringan dan lebih terjangkau, menjadikannya opsi lebih mudah diakses oleh konsumen. Kemudian, generasi kedua dari Vision Pro diperkirakan akan tiba pada kuartal kedua tahun 2028, membawa desain yang direvisi dan chip seri M baru.
Peta jalan atau roadmap yang dibagikan oleh Ming-Chi Kuo ini menunjukkan strategi jangka panjang Apple untuk mendominasi pasar perangkat wearable dan XR, menawarkan berbagai pilihan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran pengguna berbeda.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id