Donald Trump. (Photo by MANDEL NGAN / AFP)
Donald Trump. (Photo by MANDEL NGAN / AFP)

Mudah Menyebarkan Kebohongan via Twitter

Teknologi twitter social media
Ellavie Ichlasa Amalia • 05 Mei 2019 11:14
Jakarta:Sangat mudah untuk menyebarkan informasi salah melalui Twitter, menurut penelitian terbaru, khususnya pernyataan salah yang disebutkan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.
 
Studi yang dilakukan oleh Media Matters menyebutkan, setiap media ternama mengutip pernyataan Trump, ada 30 persen kemungkinan mereka juga memasukkan pernyataan salah. Dan 65 persen kali, media tidak memberikan konteks atau menyanggah kicauan Trump di tweet yang mereka buat.
 
Ini adalah masalah, terutama karena ada banyak orang hanya membaca kicauan dan judul berita tapi tidak membaca berita secara keseluruhan. Padahal, berita itu memuat konteks dan penjelasan yang lebih lengkap terkait cuitan Trump, lapor Engadget.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Studi terbaru ini menganalisa lebih dari 2.000 kicauan yang diunggah oleh 32 media AS ternama sejak 26 Januari sampai 15 Februari. Dalam studi itu, diketahui bahwa media menyebarkan berita salah dari Trump sebanyak 400 kali dalam waktu 3 minggu atau 19 kali setiap hari.
 
Menurut Media Matters, masalah ini muncul dari cara wartawan menulis judul berita. Biasanya, mereka menulis berita yang menarik perhatian pembaca, terlepas dari apakah pernyataan itu benar atau salah. Mereka baru memberikan penjelasan atau sanggahan atas pernyataan salah di badan berita.
 
Memang, masalah ini tidak hanya terkait ketika media mengutip ucapan Trump. Namun, ini sangat relevan karena satu dari lima kicauan tentang Trump membahas omongannya. The Washington Post mengatakan, Trump telah membuat 10 ribu klaim salah.
 
Studi ini juga menunjukkan betapa sulitnya untuk menyebarkan berita benar ketika pengguna hanya bisa menggunakan 280 karakter.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif