Selain itu, studi yang sama juga mengungkapkan bahwa 67% pembelanja masih menantikan kampanye mega, termasuk festival belanja tanggal kembar. Lebih lanjut, studi Populix 2023 menunjukkan 91% masyarakat pernah belanja online saat festival belanja tanggal kembar. Studi yang sama juga menunjukkan 5 dari 10 masyarakat mengatakan pasti akan berbelanja di momen kampanye itu.
Berbagai promo dan penawaran digelontorkan oleh banyak brand dan penjual di platform ecommerce, ditambah lagi dukungan dari platform ecommerce, di antaranya dengan berbagai voucher dan penawaran gratis ongkos kirim, memberikan kesempatan bagi para pelanggan untuk mendapatkan barang idaman dengan harga terbaik.
Sebagai salah satu pelopor hari belanja online nasional (Harbolnas), Lazada Indonesia (Lazada) juga merasakan adanya peningkatan penjualan saat festival belanja online dari waktu ke waktu.
Karena itulah, Lazada mendorong brand dan penjual yang ada di ekosistem untuk memanfaatkan momentum festival belanja online demi meningkatkan penjualan dengan fokus pada memastikan layanan dan operasional yang unggul.
Chief Operating Officer Lazada Indonesia, Nicola Jiang saat berbicara dalam acara ecommerce Expo 2024 beberapa waktu lalu mengatakan, layanan dan operasional yang unggul merupakan landasan untuk pertumbuhan jangka panjang, retensi pelanggan, dan pengembangan bisnis.
"Karena itulah, sangat penting bagi para brand dan penjual untuk memastikan layanan dan operasional yang unggul, khususnya pada saat musim festival belanja online di mana pasti terjadi peningkatan traffic ke toko.”
Menurut Nicola, layanan dan operasional yang unggul pasti akan membawa pada kepuasan pelanggan, pembelian berulang, tinjauan (review) yang positif, dan pada akhirnya, terbentuk kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap produk, brand, ataupun toko penjual.
Apa yang harus dilakukan saat persiapan, selama, hingga setelah festival belanja online selesai?
Pastikan persiapan yang matang jelang musim festival belanja online
Perencanaan suplai barang dan strategi optimasi produk andalan yang tepat menjadi hal mutlak yang harus dilakukan penjual. Manfaatkan inventory dashboard yang ada di Seller Center untuk manajemen stok barang secara real time serta mendapatkan data perkiraan permintaan barang.
Setelah memastikan tampilan toko dan juga produk bisa menarik pelanggan, rencanakan pemanfaatan fitur promosi berbayar untuk membantu mempromosikan produkmu secara lebih agresif. Yang terpenting, tentukan strategi harga yang tepat, yang bisa menarik pembeli namun tetap mempertahankan keuntungan.
Pastikan layanan dan operasional yang unggul selama festival belanja online berlangsung
Di Lazada, fitur Bisnis Analisis yang ada di Seller Center Lazada bisa memberikan data dan analisis kinerja toko dan produk saat festival berlangsung, sehingga penjual bisa langsung mengubah strategi penjualan, apabila diperlukan.
Pemenuhan pesanan yang efisien dengan menggunakan layanan logistik terpercaya. Pilihlah layanan logistik yang bisa membantu sesuai kebutuhanmu. Di Lazada, ada Lazada Logistics yang menyediakan layanan pemenuhan logistik menyeluruh, yang juga didukung oleh banyak mitra logistik lokal lainnya untuk pemenuhan dan pengiriman paket yang tepat waktu dan terpercaya.
Lakukan strategi promosi dan pemasaran yang efektif.
Menggunakan media sosial dan platform komunikasi lain yang dimiliki tokomu bisa menjadi saluran promosi tambahan untuk kampanye tokomu di Lazada. Berkolaborasi dengan influencer bisa kamu pertimbangkan untuk membantu mempromosikan toko dan produk jualanmu.
Tingkatkan pengalaman pelangganmu. Kepercayaan dan loyalitas pelanggan berangkat dari kepuasan atas layananmu, yang bisa menghasilkan pembelian berulang dan tinjauan produk dan toko yang positif. Membalas chat pelanggan dengan cepat terbukti meningkatkan pembelian hingga 30%. Mengirimkan pesan ‘terima kasih’ dan memberikan voucher untuk pembelian berikutnya juga bisa menjadi langkah penting untuk memastikan kepuasan dan juga meningkatkan potensi pembelian berulang.
Pentingnya evaluasi kinerja
Selesainya satu festival belanja online berarti dimulainya persiapan untuk festival belanja selanjutnya. Penjual didorong untuk segera melakukan analisis kinerja yang lalu dan membangun strategi pemasaran berikutnya.
Evaluasi metriks kinerja pada fitur data dan wawasan yang ada di platform. Lazada memiliki fitur Bisnis Analisis yang ada di Seller Center Lazada yang memberikan data kinerja, bahkan sampai pada tingkat produk. Hasil dari penilaian ini bisa digunakan penjual untuk mempertimbangkan strategi promosi dan pemasaran toko selanjutnya.
Pantau rating dan review toko dan produkmu. Rating dan review produk menjadi salah satu faktor utama penentu keputusan pembelian ataupun pembelian berulang pelanggan. Karena itu, penting untuk mengevaluasi perkembangan rating dan review toko dan produkmu dan menjadikannya sebagai bagian penting dalam menentukan strategi bisnismu.
Terus libatkan pelanggan dengan kampanye dan penawaran khusus bagi pelanggan loyal tokomu. Membuat kampanye khusus toko bisa menjadi cara untuk terus melibatkan pelanggan loyalmu, membuat tokomu selalu diingat ketika mereka membutuhkan produk yang kamu jual.
“Platform ecommerce memang menawarkan berbagai peluang saat festival belanja online, namun brand dan penjual perlu mengusai strategi pemasaran yang tepat sasaran untuk meraih kesuksesan. Bagi kami, membangun bisnis online merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan banyak perhatian dan dukungan, terutama bagi para penjual baru. Agar brand dan penjual bisa memaksimalkan peluang yang ditawarkan saat festival belanja online, kami terus berinovasi melakukan peningkatan berkelanjutan dalam setiap program dan fitur di Lazada,” tutup Nicola.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News