Kabel O.MG yang sudah dipasang implan bisa diretas lewat iPhone peretas. (Tech Crunch)
Kabel O.MG yang sudah dipasang implan bisa diretas lewat iPhone peretas. (Tech Crunch)

Hacker Ciptakan Kabel Charger iPhone yang Bisa Dibajak

Teknologi apple cyber security
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Agustus 2019 15:07
Jakarta: Selama ini kabel data pada smartphone hanya dilihat sebagai alat untuk mengisi baterai sekaligus jalur untuk proses transfer data. Kenyataannya, kabel data juga bisa digunakan untuk meretas, apabila di bagian dalamnya dipasang implan khusus.
 
Baru ini seorang peretas dengan inisial MG mengunggah keberhasilnya membuat implan di dalam kabel charger iPhone, jenis USB lightning berupa komponen yang bisa terhubung dengan WiFi. Artinya, kabel ini bisa digunakan sebagai alat untuk peretas memantau hingga mengambil alih kendali perangkat yang terhubung.
 
Dikutip dari Tech Crunch, alat ini digunakan tidak untuk meretas iPhone melainkan menargetkan perangkat seperti PC atau laptop. Saat kabel charger yang terpasang implan digunakan untuk menghubungkan iPhone ke MacBook maka peretas memiliki peluang bertindak jahat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kabel ini mendukung untuk meunggah beragam jenis seragan ke beragam jenis perangkat. Saya juga sudah berhasil menanamkan implan ini pada jenis kabel USB lainnya tapi Apple termasuk yang paling sulit. Jadi keberhasilan adalah bukti kuat kemampuannya," tutur MG.
 
MG tidak memungkiri bahwa penemuan berbahaya ini juga bisa dilakukan pada beragam jenis kabel USB termasuk untuk smartphone Android. Dia memberi nama produk kabel penemuannya sebagai O.MG Cable.
 
"Ini terlihat seperti kabel orisinal dan berfungsi seperti seharusnya. Bahkan komputer Anda tidak akan mengenali perbedaannya hingga saat saya sebagai penyerang mengontrol kabel ini sebagai alat," jelas MG yang diketahui berprofesi sebagai peneliti keamanan siber.
 
Dia meyakini tidak ada satupun orang yang akan mencurigai penemuannya. Teori yang berlaku adalah selama ini orang mungkin akan berhati-hati saat memasang flash drive atau komponen penyimpanan data ke perangkat mereka dan tidak pernah menaruh curiga pada kabel data atau charger.
 
MG mengklaim sudah berhasil membuat implan tersebut dengan sempurna di rumahnya dan menghubungkannya dengan kabel data yang tersedia di pasar. Dia menyebut bahwa kemampuan serupa juga bisa dilakukan pada jenis kabel lainnya.
 
Namun, MG masih berbaik hati. Dia mengklaim memiliki niat untuk membuat penemuannya menjadi standar alat keamanan. Perusahaan bernama Hak5 diketahui sudah bekerja sama dengannya untuk menciptakan kabel serupa yang orisinal, bukan modifikasi dari kabel charger iPhone.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif