Indosat Ooredoo mengumumkan peningkatan trafik data tertinggi pada tiga hari menjelang Idul Fitri 2019.
Indosat Ooredoo mengumumkan peningkatan trafik data tertinggi pada tiga hari menjelang Idul Fitri 2019.

Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 68,53% Selama Mudik Lebaran 2019

Teknologi indosat telekomunikasi
Lufthi Anggraeni • 12 Juni 2019 07:35
Jakarta: Indosat Ooredoo mengumumkan peningkatan trafik data tertinggi pada tiga hari menjelang Idul Fitri 2019. Trafik data tersebut meningkat sebesar 40,88 persen atau sekitar 8.997 Terabyte jika dibandingkan dengan hari biasa.
 
Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 lalu, trafik data Indosat Ooredoo mengalami peningkatan sebesar 68,53 persen. YouTube, WhatsApp, Facebook dan Instagram disebut Indosat Ooredoo sebagai kontributor utama pada peningkatan trafik data pada periode tersebut.
 
Selain media sosial dan aplikasi pesan instan, game mobile seperti Mobile Legends dan Free Fire turut menjadi kontributor peningkatan trafik data Indosat Ooredoo selama periode mudik lebaran tahun 2019 ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, wilayah dengan peningkatan trafik data tertinggi dicatat Indosat Ooredoo terdapat di wilayah Jawa Tengah. Indosat Ooredoo juga menyebut bahwa trafik voice atau suara disebut Indosat Ooredoo mengalami penurunan pada periode tahun ini sekitar 13 persen.
 
Penurunan trafik voice ini merupakan dampak dari digital yang saat initengah menjadi tren. Meskipun demikian, trafik pesan teks atau SMS mengalami peningkatan sekitar lima persen pada periode seminggu jelang dan lima hari setelah Idul Fitri 2019, jika dibandingkan hari reguler.
 
Pengiriman pesan teks atau SMS tersebut diklaim Indosat Ooredoo mengalami keberhasilan mencapai 91 persen, baik pengiriman antar sesama pelanggan Indosat Ooredoo maupun dengan operator seluler lainnya.
 
Indosat Ooredoo menyebut bahwa sebelumnya perusahaannya telah mempersiapkan kapasitas jaringan guna mengantisipasi kenaikan trafik pada periode mudik lebaran ini. Indosat Ooredoo juga mengaku melakukan pemantauan kualitas jaringan secara intensif pada periode ini.
 
Pemantauan kualitas jaringan tersebut dilakukan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC). Indosat Ooredoo juga menyebut telah mengaktifkan Command Center Lebaran untuk membantu pemudik, bertugas selama 24 jam selama periode tersebut.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif