Google mulai menggulirkan antarmuka pengguna baru untuk Google Play Store.
Google mulai menggulirkan antarmuka pengguna baru untuk Google Play Store.

Google Play Store UI Perbarui Navigasi

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 01 Juni 2019 13:19
Jakarta: Google mulai menggulirkan antarmuka pengguna baru untuk Google Play Store. Update tersebut tidak hanya termasuk perubahan Material Design yang menggunakan font Google Sans, juga memindahkan bar navigasi ke bawah layar.
 
Android Police melaporkan bahwa pemindahan bar navigasi ke bawah layar ini ditujukan untuk mempermudah perangkat berlayar luas dan pengguna berjari kecil saat bernavigasi pada aplikasi ini.
 
Perubahan lain termasuk penghilangan tab musik, kini tersedia melalui menu utama yang dapat diakses dengan mengusap ke arah kanan. Halaman aplikasi ini dirancang untuk menggarisbawahi rating aplikasi dan screenshot dari pilihan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengguna yang telah menerima update akan menemukan daftar perubahan ini digarisbawahi. Dan bar progres juga telah digantikan dengan lingkaran yang akan kembali ke ikon sebuah aplikasi saat diunduh ke ponsel pengguna.
 
Antarmuka pengguna baru ini akan muncul pada play Store versi 15.1.24, namun untuk dapat mengunduhnya, pengguna harus membersihkan cache aplikasi terlebih dahulu via Settings > Storage > Other Apps.
 
Gulir hingga pengguna menemukan Google Play Store dan ketuk daftar, kemudian ketuk kotak yang ditandai sebagai Clear cache. Update ini baru saja digulirkan oleh Google, dan secara bertahap, sehingga belum semua pengguna menerima update ini.
 
Sebelumnya, Google meminta para developer Play Store untuk memberitahukan kemungkinan pemain mendapatkan item ketika mereka membeli loot box. Ini merupakan salah satu perubahan yang Google tetapkan untuk membuat toko aplikasi digitalnya menjadi lebih ramah anak.
 
Keberadaan peraturan baru ini terkait dengan peraturan Google tentang pembayaran. Google menyebut bahwa aplikasi yang menawarkan mekanisme untuk mendapatkan item virtual secara random dari pembelian, misal loot box, harus secara jelas memberitahukan kemungkinan pemain mendapatkan item itu sebelum pembelian.
 
Sementara itu, tiga bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk Belgia akhirnya didukung oleh Google Assistant. Kini pengguna di negara tersebut akan dapat bertanya dan mendapatkan informasi kontekstual dalam bahasa Belanda, Prancis, dan Jerman.
 
Google telah berkolaborasi dengan aplikasi pihak ketiga guna menghadirkan dukungan untuk layanan dari perusahaan kereta api nasional Belgia, operator seluler Telenet dan Proximus, serta bank ING dan Belgian Post.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif