Intel Optane Memory H10.
Intel Optane Memory H10.

Intel Rilis Optane Terbaru, Kombinasi QLC NAND

Teknologi intel
Cahyandaru Kuncorojati • 11 April 2019 12:35
Jakarta: Meskipun memutuskan untuk berpisah dari Micron dalam pengembangan teknologi 3D Xpoint yang jadi teknologi di dalam produk Intel Optane tapi Intel tetap masih punya hak memproduksinya,
 
Kali ini Intel mengumumkan produk Intel Optane Memory H10. Produk ini disebut sebagai sebuah memori solid state drive yang terintegrasi langsung dengan Intel Optane. Jadi produk ini hadir sebagai sebuah memori penyimpanan data berkecepatan tinggi.
 
Intel Optane Memory H10 hadir dengan form factor M.2 2280. Dalam presentasi yang diperlihatkan Intel, dijelaskan bahwa bagian dalam produk ini terbagi menjadi dua, yaitu Intel Optane Memory dan SSD QLC 3D NAND.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inovasi terbaru Intel tersebut memungkinkan produk seperti notebook paling tipis dan ringan bisa memiliki memori penyimpanan SSD berbasis M.2 yang juga memiliki kecepatan didukng Intel Optane.
 
Kombinasi akselerasi berkecepatan tinggi dari Intel Optane dan kapasitas memori penyimpanan tambahan yang dibawahnya membuat produk laptop paling tipis lebih powerful ketimbang generasi sebelumnya.
 
Intel Memory Optane H10 direncanakan rilis di kuartal ini, bersama prosesor Intel Generasi ke-8 U Series yang terpasang di laptop. Tidak ketinggalan produk tersebut juga akan dijual terpisah oleh OEM yang bekerja sama dengan Intel.
 
Intel mengklaim bahwa Intel Optane Memory H10 bisa menyediakan performa dua kali lebih cepat saat membuka beberapa dokumen sekaligus. 60 persen lebih cepat dalam mengakses game sambil aplikasi lain berjalan di background process.
 
Intel Optane Memory H10 hadir dengan kapasitas maksimal 1TB. Ada tiga varian konfigurasi kapasitas memori dari produk ini. 16GB (Optane) + 256GB (storage), 32GB (Optane) + 512GB (storage), dan 32GB (Optane) + 1TB (storage).
 
Pada bulan April tahun lalu selain mengumumkan kehadiran SKU Core i9, Intel juga mengumumkan kehadiran prosesor yang dipaket Intel Optane.
 
Produk tersebut hadir dengan tiga varian yaitu Intel Core i9+, Core i7+, dan Core i5+. Jadi konsumen pengguna produk ini akan mendapatkan paket prosesor sekaligus dukungan Intel Optane, ketimbang harus membeli terpisah.
 
Sayangnya, beredar kabar bahwa Intel tidak akan memproduksi atau menawarkan paket ini lagi. Dari penelusuran, ternyata Intel bakal mengakhir kerja samanya dengan perusahaan semikonduktor Micron. Intel masih berhak atas lisensi untuk pengembangan teknologi 3D XPoint di Intel Optane.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif