Winamp.
Winamp.

Heboh Bangkit Lagi, Apa Itu Winamp?

Cahyandaru Kuncorojati • 05 Agustus 2022 17:02
Jakarta: Beberapa hari lalu internet dihebohkan dengan nama aplikasi bernama Winamp. Sayangnya, momen ini hanya dirayakan oleh pengguna internet yang besar di tahun 1990 dan merasakan kejayaan musik berbasis file MP3 sebelum kini ramai layanan streaming musik seperti Spotify.
 
Ya, Winamp merupakan aplikasi pemutar musik dengan file format MP3 alias MP3 Player. Winamp diciptakan oleh Nullsoft yang didirikan Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev di tahun 1997.
 
Winamp memiliki tampilan atau interface sederhana yang sangat khas. Di sini pengguna bisa membuat playlist hingga mengganti skin atau warna tampilan aplikasi sampai bentuk visualisasi dari equalizer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut informasi yang dikumpulkan Medcom.id versi pertama aplikasi Winamp yang dirilis tahun 1997 langsung diunduh sebanyak lebih dari tiga juta kali. Kehadirannya memang bertepatan dengan momentum berbagi file musik lewat format digital MP3.
 
Saat itu Winamp sudah mendukung banyak jenis codec atau format audio digital seperti MIDI, MOD, MPEG-1, AAC, M4A, FLAC, WAV, dan WMA. Beberapa hari lalu, Winamp bangkit lagi dengan merilis Winamp 5.9 sebagai versi terbaru.
 
Winamp sebenarnya sudah beberapa kali mati dan bangkit kembali, hal ini disebabkan pengembangan versi terbarunya sempat dilanjutkan dan dihentikan. Versi terbaru yang kemarin bisa diunduh juga belum versi matang.
 
Pihak pengembang Winamp dilaporkan masih akan menambahkan sejumlah fitur. Namun di tengah era digital yang membuat cara menikmati musik lewat streaming tidak perlu menyediakan memori untuk menyimpan file lagu, belum diketahui Winamp hanya akan jadi nostalgia atau terus populer.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif