NEWSTICKER
Keamanan jadi salah satu keunggulan Lenovo Carbon X1. (medcom.id)
Keamanan jadi salah satu keunggulan Lenovo Carbon X1. (medcom.id)

Lenovo: Pelanggan Korporat Lebih Sadar Keamanan dari Konsumen

Teknologi lenovo laptop
Ellavie Ichlasa Amalia • 10 April 2018 10:30
Jakarta:Salah satu fitur yang Lenovo unggulkan dari Thinkpad Carbon X1 terbaru adalah keamanan. Laptop ini dilengkapi sebuah token yang berfungsi layaknya autentikasi dua faktor. Token ini bisa digunakan untuk sebagai verifikasi untuk masuk ke situs-situs tertentu seperti Google dan Facebook.
 
Jadi, meskipun seseorang mengetahui username dan password Anda, dia tidak akan bisa mengakses akun Anda tanpa token tersebut. Namun, sebenarnya layanan seperti Google dan Facebook sudah menyediakan fitur autentikasi dua faktor.
 
Ketika fitur keamanan ekstra tersebut aktif, setelah memasukkan username dan password, Anda akan mendapatkan kode di ponsel Anda. Anda hanya bisa masuk ke akun Anda setelah memasukkan nomor kode tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lenovo: Pelanggan Korporat Lebih Sadar Keamanan dari Konsumen
Token yang tersedia pada Lenovo Carbon X1. (Medcom.id)
 
Sayangnya, tidak banyak orang menggunakan fitur autentikasi dua faktor. Belum lama ini, Google menyebutkan bahwa kurang dari 10 persen penggunanya yang menggunakan fitur keamanan itu.
 
Meskipun begitu, Technical Manager Lenovo Indonesia, Azis Wonosari menyebutkan, para pelanggan korporat Lenovo cukup sadar akan pentingnya keamanan.
 
Meskipun tidak menyebutkan angka pastinya, dia memperkirakan, lebih dari setengah pelanggan korporat Lenovo sadar betapa pentingnya keamanan siber.
 
"Beberapa pelanggan enterprise kami menggunakan sistem keamanan multilayer," kata pria yang akrab dengan panggilan Azis ini ketika ditemui di kantor Lenovo di BNI 46.
 
Azis mencontohkan, selain menggunakan username dan password untuk masuk ke laptop, pelanggan mereka juga mengenkripsi penyimpanan dari laptop karyawannya.
 
"Memang tidak semua, tapi kebanyakan sudah sadar soal keamanan siber," ujarnya. "Berbeda memang dengan konsumen yang merasa username dan password saja sudah cukup."
 
Selain itu, dia menyebutkan Lenovo juga biasanya melakukan edukasi pada para pelanggan. Contohnya, dalam peluncuran Lenovo Thinkpad Carbon di Indonesia, perusahaan asal Tiongkok itu menghadirkan seorang pembicara di bidang keamanan siber.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif