Ilustrasi prosesor.
Ilustrasi prosesor.

Intel Bantah Berhenti Garap Prosesor 10nm

Teknologi hardware intel
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Oktober 2018 15:42
Jakarta: Masalah produksi prosesor Intel yang menyebabkan stok di pasar berkurang dan menggangu pengembangan proseseor fabrikasi 10nm tampaknya semakin serius. Rumor ini mulai beredar ketika Intel memproduksi prosesor terbarunya.
 
Intel berhenti menghentikan pengembangan dan produksi prosesor dengan fabrikasi terbaru, yaitu 10nm, menurut laporan situs SemiAccurate, yang mengaku mendapatkan informasi dari orang dalam perusahaan prosesor tersebut, lapor Ars Technica.
 
Menariknya, Intel sanggahan resmi terhadap rumor tersebut. Ini bukanlah tindakan yang biasa Intel lakukan. Melalui akun Twitter resmi, Intel menyatakan bahwa kabar tersebut tidak benar dan proses pengembangan prosesor fabrikasi 10nm masih berjalan baik.

Hal ini membuat penilaian publik dan industri terhadap Intel memburuk. Bahkan keluarga terbaru prosesor Intel, yakni Generasi ke-9 yang terdiri dari varian model Core i9 masih diproduksi dengan fabrikasi 14nm.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam laporan internal yang berhasil diperoleh situs SemiAccurate, disebutkan bahwa rencana Intel untuk menyediakan prosesor fabrikasi 10nm padai tahun depan mungkin tidak akan sesuai rencana. Selain itu, mereka juga belum akan fokus untuk membuat fabrikasi 7nm.
 
Sementara sang kompetitor yaitu AMD telah merilis keluarga prosesor Ryzen Generasi ke-2 2000 Series, yang sudah diproduksi dengan fabrikasi 12nm. Sekarang, mereka juga sudah memberikan fabrikasi baru berbasis 7nm kepada produsen semikonduktor pihak ketiga yaitu TSMC.
 
TSMC yang berbasis di Taiwan menjadi pemegang izin produksi ekslusif untuk prosesor terbaru iPhone di 2019 yang juga menggunakan fabrikasi 7nm. Ukuran fabrikasi mengacu kepada ukuran komponen transistor di sebuah prosesor.
 
Semakin kecil ukuran transistor makin semakin banyak transistor yang bisa dipasang dan menyisakan ruang untuk memasang teknologi lain di prosesor. Artinya prosesor akan semakin gesit dan memiliki fitur teknologi beragam.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif