Jika pada tahun 2013 Xiaomi hanya berhasil mendapatkan pangsa pasar 5,3 persen, maka di tahun 2014, pangsa pasar Xiaomi justru mengalami peningkatan pesat hingga 12,5 persen. Sementara itu, pangsa pasar Samsung justru menurun dari 18,7 persen menjadi 12,1 persen.
Berita ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat Xiaomi sempat mendapat gelar sebagai penjual smartphone terbaik di Tiongkok versi Canalys. Berdasarkan data yang didapatkan oleh IDC dan Strategy Analytics, Xiaomi bahkan sempat dikatakan sebagai produsen ponsel terbesar ketiga di dunia pada kwartal tiga tahun 2014.
Sementara itu, di India Micromax berhasil menjadi penjual smartphone terbesar berdasarkan jumlah pengiriman barang pada akhir tahun 2014. Fakta ini dibantah oleh pihak Samsung yang mengatakan bahwa mereka masih memegang posisi sebagai penjual terbesar di India jika dilihat dari jumlah penjualan.

Seolah semua itu masih tidak cukup buruk, bulan lalu, beberapa analis mengatakan bahwa Apple berhasil mengalahkan Samsung dan menjadi penjual smartphone terbesar di dunia. Alasannya, produk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Apple disambut sangat baik oleh konsumen di seluruh dunia.
Menurut IDC, kunci dari kesuksesan Xiaomi adalah harga produk yang relatif murah dan penjualan online. Xiaomi dapat menekan harga produk mereka dengan membatasi jenis smartphone yang dikeluarkan dengan harapan satu jenis smartphone dapat bertahan lebih lama di pasar.
Berdasarkan laporan IDC, pangsa pasar Apple di Tiongkok juga meningkat hingga 12,3 persen di akhir tahun 2014. Selain itu, pangsa pasar Huawei dan Lenovo juga meningkat. (Tech Crunch)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id