Samsung memiliki berbagai jajaran smart TV QLED.
Samsung memiliki berbagai jajaran smart TV QLED.

Samsung Minta Pengguna Smart TV Pindai Virus Secara Rutin

Teknologi samsung
Ellavie Ichlasa Amalia • 18 Juni 2019 17:51
Jakarta:Akun customer support Samsung belum lama ini membuat sebuah kicauan, memeringatkan para pemilik smart TV bahwa mereka harus memindai TV setiap beberapa minggu untuk memastikan TV tak terinfeksi malware.
 
Samsung juga melengkapi kicauan itu dengan video tentang cara memindai smart TV Anda. Sayangnya, tak lama kemudian, tweet itu dihapus. Ketika ditanya mengapa mereka membuat kicauan itu, Samsung mengatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk mengedukasi konsumen.

Meminta pengguna smart TV untuk memindai virus setiap beberapa minggu bukanlah hal yang mudah, terutama mengingat kebanyakan orang bahkan jarang memindai malware pada laptop dan smartphone mereka.
 
Jika smart TV memiliki celah keamanan yang mengharuskan pengguna untuk sering melakukan update, Samsung seharusnya membuat sistem update otomatis, menurut Engadget.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gizmodo melaporkan, peringatan Samsung kali ini tampaknya khusus ditujukan untuk TV lini QLED. Sayangnya, masih belum diketahui apakah Samsung membuat kicauan ini sebagai jawaban dari serangan yang menargetkan smart TV. Namun, ini bukan pertama kalinya Samsung memeringatkan para pengguna smart TV akan bahaya serangan siber.
 
Pada 2015, pengguna smart TV sempat khawatir TV mereka bisa mencuri dengar percakapan mereka karena regulasi privasi yang ambigu. Ketika itu, Samsung membantah bahwa hal itu bisa terjadi. Namun, hacker terbukti bisa meretas smart TV dan perangkat lain di smart home.
 
Dengan semakin banyaknya perangkat yang terhubung ke internet, kita juga seharusnya sadar akan risiko terjadinya serangan siber pada perangkat-perangkat itu.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif