Tim robotik Java Knights asal Depok, Jawa Barat.
Tim robotik Java Knights asal Depok, Jawa Barat.

Tim Robotika Asal Depok Dapat Penghargaan di Robot Dunia

Teknologi teknologi robot
Cahyandaru Kuncorojati • 19 Maret 2019 15:39
Jakarta: Tim robotik Java Knights asal Madrasah Natura Depok, Jawa Barat, berhasil meraih penghargaan di kompetisi robot Asia Pasifik "Destination: Deep Space" dari FIRST Robotic Competition (FRC) 2019.
 
Dalam kompetisi yang digelar di Sydney, Australia, pada 17 Maret 2019, tim Java Knights mendapatkan penghargaan Rookie All Star dan mendapatkan tiket menuju World Championship Robot di Amerika Serikat pada April mendatang.
 
FIRST Robotic Competition merupakan kompetisi olimpiade robot yang bertujuan untuk membangun masa depan terutama minat terhadap robotik sejak di bangku pelajar. Peserta di kompetisi imi merupakan siswa yang berusia 14-18 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kompetisi para siswa harus bekerja sama merancang, membangun, memprogram dan mengontrol robot. Mereka juga tetap dibantu oleh mentor serta dukungan perusahaan dari berbagai bidang yang memiliki minat terhadap pengembangan teknologi robotik.
 
FIRST Robotic Competition digelar setiap tahun pada bulan Januari. Setiap peserta tidak diizinkan menggunakan bagian robot yang sudah diciptakan sebelum kompetisi. Kompetisi ini juga menyediakan tantangan yang harus diselesaikan dalam proses pembuatan robot di bulan Februari.
 
Tinggi robot yang ditentukan maksimum 1,2 meter, namun bertambah menjadi dua meter. Sementara bagian alasnya memiliki ukuran keliling maksimum tiga meter dengan berat maksimum robot yaitu 54kg.
 
Di kompetisi ini robot digerakkan di lapangan berukurqan 8x16 meter dari jarak antara robot dan operator sekitar 16 meter. Setiap bertanding bersama dengan robot dari tim negara lain. Pendiri organisasi FIRST, Dean Kamen menyebut kompetisi ini dibuat untuk mempopulerkan STEM.
 
Science, Technology, Engineeringm and Mathemathics atau STEM ingin dipopulerkan Kamen dengan cara yang menyenangkan dalam bentuk kompetisi robot. Kompetisi ini ditargetkan menjadi sebuah olahraga populer.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif