CES 2018

Kursi Roda Elektrik WHILL Model Ci Punya Desain Keren dan Canggih

Cahyandaru Kuncorojati 11 Januari 2018 15:10 WIB
ces 2018
Kursi Roda Elektrik WHILL Model Ci Punya Desain Keren dan Canggih
Kursi roda elektrik WHILL Model Ci.
Jakarta: Ajang CES 2018 Las Vegas, Amerika Serikat, tidak hanya diisi oleh teknologi komputer, smartphone dan perangkat untuk konsumen saja tapi ada juga teknologi yang menyasar kebutuhan tertentu, misalnya kursi roda.

Dilaporkan Digital Trends, salah satu perusahaan kendaraan listrik pintar WHILL memperkenalkan kursi roda canggih bernama WHILL Model Ci yang menyabet penghargaan Best of CES Innovation Award.

Tidak sekadar canggih WHILL Model Ci hadir dengan konsep modular yang membuat kursi roda ini bisa dilipat dan memiliki bobot ringan hanya 52kg memudahkan kursi roda elektrik ini bisa dibawa bepergian.


Dari segi desain kursi roda elektrik ini tida terlihat seperti kursi roda pada umumnya. Pihak WHILL menuturkan bahwa banyak pihak rumah sakit yang menemukan pasiennya enggan menggunakan kursi roda karena desainnya yang buruk.



WHILL Model Ci dibekali baterai lithium-ion yang bisa dipergunakan untuk perjalanan hingga 16km sekali pengisian daya dengan kecepatan maksimal 8km per jam. Ada tiga jenis tingkat kecepatan yang paling kecang, setara kecepatan normal saat jogging.

Untuk sistem kendalinya pengguna bisa mengendalikan kursi roda elektrik ini dengan joystick yangt tersedia atau bisa juga dengan aplikasi yang terpasang di smartphone penggunanya.

Dalam video demo yang ditunjukkan WHILL Model Ci memiliki kemampuan untuk melaju di beragam medan.

Menariknya lagi saat ini WHILL Model Ci sudah diproduksi dan tersedia di pasar dengan harga USD4.000 (Rp53 juta). Berbeda dengan kebanyakan perangkat di ajang CES yang dipamerkan masih dalam tahap awal atau purwarupa.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.