Mozilla Firefox Lite Sudah Tersedia di Indonesia, Apa yang Baru?

Mohammad Mamduh 01 November 2018 15:57 WIB
mozilla firefoxgadgetaplikasi
Mozilla Firefox Lite Sudah Tersedia di Indonesia, Apa yang Baru?
Firefox Lite tersedia di iOS dan Android
Jakarta: Pengembang peramban internet yang cukup legendaris Mozilla mengumumkan produk terbaru mereka untuk pasar Indonesia.

Mozilla Firefox Lite merupakan versi ringan dari Firefox versi standar. Sebelumnya, Firefox Lite memiliki nama Firefox Rocket. Pihak Mozilla mengatakan Firefox Lite sudah bisa digunakan konsumen Android mulai hari ini.

Seperti yang dijelaskan, Firefox Lite sebelumnya bernama Firefox Rocket, yang sudah lebih dulu meluncur pada bulan November tahun lalu.


Mozilla mengatakan bahwa mereka mengubah nama demi menarik minta para pengguna ponsel di segmen entry-level. Ini berkaca dari hasil riset Mozilla, yang memperlihatkan konsumen Indonesia suka akan peramban ini.

“Kita ingin memberikan pesan yang lebih kuat kepada konsumen. Dengan logo yang kembali ke semula, sama seperti versi standar, konsumen bisa langsung mengenali bahwa ini adalah produk Mozilla,” ungkap Head of Product Mozilla Asia, Joe Cheng dalam konferensi pers peluncuran Firefox Lite di Jakarta, Kamis 1 November 2018.

“Orang akan lebih tertarik untuk mengunduhnya.”

Apa yang ingin ditawarkan Firefox Lite adalah ukuran aplikasi yang lebih kecil dibanding produk kompetitor. Dari segi kecepatan, Mozilla mengklaim Firefox Lite sebagai peramban terbaik di kelas peramban versi mini.

Joe memberikan contoh video yang menampilkan sebuh ponsel entry-level memuat beberapa aplikasi peramban versi ringan. Firefox Lite paling cepat dengan waktu hanya tiga detik. “Kita gunakan ponsel entry-level dengan spesifikasi, jaringan, dan kondisi penyimpanan yang sama,” kata Joe.

Berbeda dengan versi standar, target utama Firefox Lite memang para konsumen yang terbiasa menggunakan smartphone dengan harga terjangkau, lebih spesifik di kelas kurang dari Rp2 juta. Selain ringan dan cepat, Firefox Lite juga diklaim menawarkan beberapa kemampuan yang juga ada pada versi regulernya. Tampilan depan juga dibuat lebih menarik dan bersih.

Soal keamanan, Joe mengatakan bahwa Firefox Lite menggunakan kontrol yang berbeda dari versi standar.

“Untuk Firefox Lite, kita gunakan sistem yang berbeda dari versi standar. Aplikasi ini punya pengembangan yang sama dengan Google Chrome,” lanjut Joe.

Ke depan, Mozilla menyebutkan bakal menjalin kerja sama dengan Express VPN untuk menyediakan layanan VPN. Langkah ini diambil sebagai cara memperkuat keamanan saat konsumen berselancar internet lewat Firefox Lite.



(ELL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.