Fitur ShareBuy di JD.ID.
Fitur ShareBuy di JD.ID.

JD.ID Perkenalkan ShareBuy, Belanja Online Keroyokan

Teknologi e-commerce JD.ID
Cahyandaru Kuncorojati • 03 Desember 2018 16:39
Jakarta: Jelang festival belanja online 12.12 pada 12 Desember 2018, JD.ID mulai merilis beberapa fitur yang difokuskan untuk memberikan pengalaman berbelanja online di momen tersebut.
 
Dalam acara yang digelar hari ini, JD.ID merilis secara resmi fitur bernama ShareBuy. Dijelaskan pihak JD.ID fitur yang mengusung konsep gamifikasi ini menjadi bagian dari JD.ID sebagai social commerce.
 
Menurut penjelasan Head of Social Commerce & Membership Marketing Division JD.ID, Duke Shu, konsep social commerce adalah konsumen bisa mendapatkan penawaran harga lebih baik dengan memanfaatkan media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di Tiongkok konsep ini sudah diterapkan oleh JD.com dan responsnya sangat baik. Makanya fitur ini ingin kami luncurkan di Indonesia jelang festival belanja 12.12," ungkap Shu.
 
Berdasarkan penjelasan Shu, fitur ShareBuy mampu memberikan potongan harga pada produk tertentu dengan prasyarat pembelian dilakukan oleh lebih dari satu orang alias kroyokan.
 
Misalnya, harga sebuah produk kecantikan tadinya dipatok harga Rp20.000. Menggunakan fitur ShareBuy harganya mendapat potongan menjadi Rp6.000 per item. Tentunya patokan harga tersebut sudah ditentukan sebelumnya oleh JD.ID.
 
Pada uji coba yang dilakukan Medcom.id saat perkenalan, pada halaman khusus ShareBuy di JD.ID barang yang ditampilkan hanya yang termasuk dalam program ShareBuy yang dilengkapi dengan potongan harga dan syarat jumlah pembeli yang harus dipenuhi untuk mendapatkn potongan harga ShareBuy.
 
JD.ID menyebutkan bahwa prasyarat jumlah pembeli yang ikut serta dalam ShareBuy bervariasi mulai dari dua orang hingga lebih tergantung nominal harga barang yang dijual. Setiap pembeli juga harus memiliki akun JD.ID.
 
"Di sini pembeli yang menggunakan ShareBuy tidak harus saling berkenalan. Pertama mereka harus membuat grup ShareBuy, lalu pilih barang yang tertera di halaman program ShareBuy JD.ID. Setelah itu pengguna cukup mengirimkan tautan grup ShareBuy miliknya ke beragam media sosial miliknya," jelas Shu.
 
"Nantinya bisa saja pembeli yang ikut tergabung dalam grup ShareBuy Anda adalah pembeli yang tidak dikenal. Karena saat Anda membuat produk yang ditawarkan di halaman ShareBuy juga akan tersedia siapa pembeli atau pengguna JD.ID yang membuka grup ShareBuy untuk membeli produk tersebut," imbuh Shu.
 
Fitur ShareBuy yang diresmikan hari ini sebetulnya sudah diuji coba oleh JD.ID pada festival belanja 11.11 di November kemarin. Diklaim fitur ini berhasil mendorong tingkat order harian sebesar 20-40 persen di JD.ID yang seluruhnya berasal dari fitur ShareBuy.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif