Menjajal Kemampuan GPU Turbo di Honor 10

Cahyandaru Kuncorojati 02 Agustus 2018 07:51 WIB
huaweihonor
Menjajal Kemampuan GPU Turbo di Honor 10
Ilustrasi.
Jakarta: Salah satu teknologi yang dinantikan kehadiran di jajaran smartphone yang dibekali prosesor Huawei Kirin 970 adalah fitur teknologi GPU Turbo.

Teknologi ini diklaim mampu meningkatkan perfoma pengolahan grafis smartphone tersebut, salah satunya digunakan oleh smartphone Honor 10 yang sudah Medcom.id unboxing.

GPU Turbo disebut inovasi teknologi yang dihadirkan seiring kehadiran tren mobile gaming. Smartphone tidak hanya dinikmati dari sisi kameranya, tapi juga kemampuannya untuk memainkan game.


Huawei menyebutkan bahwa teknologi berbasis software ini mampu meningkat performa pengolahan grafis di smartphone, sehingga grafis dalam game yang dijalankan bisa lebih mulus dengan kualitas terbaik.

Secara teknis, disebutkan bahwa GPU Turbo mendongkrak performa smartphone sebesar 60 persen, sehingga mampu menyajikan pengalaman gaming memuaskan dengan kualitas grafis tinggi.

Di satu sisi muncul pertanyaan, apakah performa yang tinggi tetap membutuhkan konsumsi daya yakni baterai yang lebih besar. GPU Turbo diklaim didesain dengan efisiensi konsumsi daya.



Teknologi GPU Turbo hadir tidak hanya meningkatkan performa gaming, tapi juga peningkatan efisiensi daya sebesar 30 persen lebih hemat. Artinya baterai tidak cepat habis saat digunakan untuk gaming.

Honor 10 yang baru saja diluncurkan di negara asalnya sudah diklaim menjadi yang pertama mendapatkan fitur GPU Turbo meskipun Huawei P20 Pro juga menggunakan prosesor yang sama tapi baru akan menyusul di bulan ini juga.

Medcom.id beruntung berkesempatan menjajal Honor 10 lebih dulu yang sudah menerima update berisi fitur GPU Turbo bisa dilihat dari bagian update system EMUI di Honor 10. Fitur GPU Turbo hadir dengan software yang langsung aktif di balik sistem operasinya saat sudah update sehingga Anda tidak menemukan tombol untuk mode untuk menonaktfikannya.



Diketahui bahwa fitur GPU Turbo sudah kompatibel dengan dua game untuk saat ini, yaitu PUBG Mobile dan Mobile Legends. Medcom.id kemudian melakukan pengujian menggunakan software pendukung GameBench untuk memainkan game PUBG Mobile.

Software GameBench digunakan untuk mengetahui informasi utama berupa frame rate dari game yang dimainkan di smartphone sehingga memperoleh gambaran performa gaming smartphone tersebut.



Sementara alasan Medcom.id memainkan game PUBG Mobile ketimbang Mobile Legends adalah karena PUBG Mobile memiliki tampilan grafis lebih kompleks dengan konfigurasi kualitas grafis yang cukup mendalam.

Pertama Medcom.id melakukan pengujian untuk mengetahui frame rate Honor 10 saat memainkan game PUBG Mobile. Konfigurasi yang kami gunakan adalah kualitas HDR dengan frame rate Ultra, serta tingkat kecerahan layar sekitar 25-30 persen.

Tercatat bahwa frame rate Honor 10 tergolong stabil di angka tertinggi 40fps. Beberapa kali frame rate sempat turun, dan frame rate terendah yakni di sekitar 22fps. Lebih spesifik, penurunan ini terjadi saat pemain baru terjun dari pesawat dan saat pemain baru saja gugur.



Selanjutnya berdasarkan catatan manual terkait konsumsi baterainya, kami memainkan game PUBG Mobile selama 30 menit, tercatat setiap 10 menit baterainya berkurang sebanyak empat persen. Tentunya konsumsi baterainya tersebut tergolong hemat.

Honor 10 di Indonesia akan dirilis pada tanggal 2 Agustus 2018. Di negara asalnya, Honor 10 hadir dengan varian Honor Note 10 yang memiliki desain layar 7 inci. Tidak diketahui apakah Honor Note 10 juga akan diboyong ke Indonesia.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.