Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cara Gampang Download Video di YouTube dan Ditonton Tanpa Internet

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 18 Januari 2021 12:21
Jakarta: Pemerintah Indonesia sudah menerapakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarkat (PPKM) di sejumlah kawasan di Indonesia. Hal ini mendorong masyarakat kembali membatasi kegiatan di luar rumah.
 
Tentu saja kondisi tersebut bisa menyebabkan rasa bosan, makanya hiburan yang tersedia di platform digital semakin digemari. Platform YouTube yang menyediakan beragam video menjadi alternatif selain tayangan di televisi.
 
Di YouTube tersedia konten video dari beragam kategori mulai dari game atau esports, akun YouTube selebritis, dan konten religi dari tokoh agama. Menonton setiap video tentu saja akan menyedot kuota internet tapi Anda bisa mengumpulkan semua video dan menontonnya tanpa internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


YouTube sudah sejak lama menyediakan fitur untuk mengunduh atau download video YouTube untuk ditonton tanpa koneksi internet. Video yang sudah diunduh akan muncul di aplikasi YouTube untuk bisa ditonton berulang tanpa internet.
 
1. Cari video yang diinginkan dan bisa diunduh
Tidak semua video di YouTube bisa diunduh atau download apabila Anda menggunakan akses gratis, bukan YouTube Premium. Hal ini diketahui dari tombol ikon download yang ada di bawah video yang diputar.
 
Apabila Anda mengetukan jari di ikon download nanti akan muncul keterangan berisi informasi apakah video bisa diunduh gratis atau harus berlangganan YouTube Premium alias berbayar.
 
Sebuah video yang bisa diunduh gratis akan langsung muncul keterangan seperti kualiutas gambar video yang mau dipilih dilengkapi ukuran file yang bakal diunduh.
 
Namun, harus diingat bahwa ada beberapa video yang tidak bisa diunduh atau download sama sekali, meskipun Anda sudah berlangganan YouTube Premium. Hal ini disebabkan kreator atau YouTuber tersebut memang tidak mengizinkan video miliknya untuk diunduh.
 
2. Pilih kualitas gambar video yang mau diunduh
Melanjutkan penjelasan sebelumnya, Anda akan diminta memilih resolusi atau kualitas gambar video yang mau diunduh. Biasanya pilihannya terbagi tiga yaitu tinggi, (High), menengah (Medium), dan rendah (Low). Ukuran file unduhan akan tergantung kualitas gambar yang dipilih.
 
3. Menemukan video yang sudah diunduh atau download
Di mana lokasi video yang sudah diunduh? Masih di dalam aplikasi YouTube, cek ikon yang ada di deretan bagian bawah dan bernama library. Klik ikon ini tersebut.
 
Kini di halaman Library, akan terdapat bagian Downloads dan jumlah video yang sudah Anda unduh. Klik menu ini dan Anda akan menemukan lokasi video yang sudah diunduh. Anda bisa menikmati semua video dari sini setiap membuka aplikasi YouTube.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif