NEWSTICKER
Indosat Ooredoo mengumumkan ketersediaan Assistant via Phone Line di nomor 696 di seluruh Indonesia.
Indosat Ooredoo mengumumkan ketersediaan Assistant via Phone Line di nomor 696 di seluruh Indonesia.

Indosat Ooredoo Tanam Asisten Google untuk Pengguna Ponsel Feature

Teknologi teknologi indosat google
Lufthi Anggraeni • 10 Februari 2020 14:46
Jakarta: Indosat IM3 Ooredoo secara resmi mengumumkan ketersediaan fitur Google Asisten via panggilan telepon pada nomor 696 untuk seluruh pengguna jaringan selulernya di seluruh Indonesia, yang ditawarkan secara gratis.
 
“Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia, sayangnya ternyata, masih banyak wilayah di Indonesia yang masih belum terjangkau oleh internet dan masih banyak masyarakat yang belum terpapar internet,” ujar Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama.
 
Inisiatif ini sebelumnya telah diperkenalkan di 5 kota terlebih dahulu sebagai proyek pilot, yaitu di Medan, Sukabumi, Karawang, Jombang, dan Kediri, pada bulan November 2019 lalu. Dengan kehadiran layanan ini, Indosat Ooredoo menyebut ingin memungkinkan masyarakat yang masih menggunakan ponsel feature untuk merasakan manfaat internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kehadiran akses Assistant via panggilan telepon ini juga menjadi komitmen Google dalam menjadikan teknologi sebagai hal yang makin terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Selain itu, kehadiran akses ini juga ditujukan untuk lebih memberdayakan masyarakat Indonesia.
 
Hal ini, jelas Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, didasari oleh penilaian bahwa saat ini teknologi masih dinilai sebagai hal mewah bagi sejumlah kalangan masyarakat. Dengan kehadiran layanan ini, masyarakat juga diharapkan akan dapat menemukan jawaban secara mandiri.
 
Indosat Ooredoo menyebut bahwa sejak pertama kali diperkenalkan pada bulan November lalu, layanan ini telah mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Sejak bulan November 2019 dan dari lima kota, Indosat Ooredoo mencatat layanan ini telah melayani sebanyak lebih dari satu juta panggilan.
 
Sementara itu, VP Head of Mobile Financial Indosat Ooredoo Hendry Saputra menyebut selama 2 bulan, layanan ini digunakan oleh 150 ribu penggunanya, atau 20 persen dari total pengguna Indosat Ooredoo sebanyak sekitar 58,8 juta juta pelanggan per 2019.
 
Dari 150 ribu ini, Indosat Ooredoo memprediksi mayoritas pengguna yang memanfaatkan fitur ini adalah anak muda di usia sekolah. Namun Hendry mengaku masih harus menggali lebih dalam untuk mendapatkan data secara lebih spesifik.
 
Disinggung target, Indosat Ooredoo menyebut perusahaannya tidak mematok jumlah tertentu sebagai target pengguna layanan ini, sebab Asisten via Phone Line ini disebutkan bukan menjadi strategi untuk mengakuisisi pelanggan baru.
 
Untuk saat ini Indosat Ooredoo juga mengaku tidak mematok jangka waktu penawaran layanan secara gratis untuk Asisten via Phone Line ini. Menyoal akurasi informasi dan keamanan data, Indosat Ooredoo optimistis layanan ini dapat menyuguhkan informasi akurat dan keamanan yang baik, mengingat didukung oleh sistem dan algoritma Google Assistant pada smartphone.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif