Acara peresmian data center baru Tri di Sentul.
Acara peresmian data center baru Tri di Sentul.

Mulai Serius 4G, Tri Gandeng Telkom dan Nokia

Teknologi tri
Ellavie Ichlasa Amalia • 27 April 2016 11:59
medcom.id:Pada tanggal 20 April lalu, Tri meresmikan data center baru yang terletak di gedung dan lahan seluas 758 meter persegi STO Telkom, Sentul. Ini merupakan data center ketiga milik Tri. Dua data center Tri sebelumnya berada di Menara Mulia dan Plaza Kuningan.
 
Tri menyebutkan, data center ketiga mereka ini akan berfungsi sebagai pusat integrasi jaringan IT dan network. Selain itu, ia juga akan difungsikan sebagai Disaster Recovery Center (DRC), meski dua data center Tri lainnya juga dilengkapi dengan DRC.
 
"Kami memiliki komitmen untuk memberikan layanan yang terbaik. Kerjasama kami dengan Telkom sangat menunjang komitmen kami, terutama dalam hal operasional pengelolaan infrastruktur kami," kata Presiden Direktur Hutchinson Three Indonesia (H3I), Randeep Singh Sekhon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah melakukan peresmian data center ini, Tri berencana untuk menempatkan sarana telekomunikasi lain seperti Metro Ethernet dan IP Transit.
 
"Kerjasama ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Tri dapat melakukan peningkatan layanan dan TELKOM dapat melakukan optimalisasi pemberdayaan aset properti," kata Direktur Wholesale and International Service Telkom, Honesti Basyir.
 
Selain bekerja sama dengan Telkom untuk membuat satu data center baru, Tri juga menggandeng Nokia untuk memperluas jaringan mereka. Perjanjian dengan Nokia meliputi perencanaan jaringan dan optimisasi, implementasi dan perawatan jaringan.
 
Tri menyebutkan, alasan mereka melakukan ini adalah karena permintaan akan layanan data mobile terus meningkat. Tri mengatakan, mereka melihat adanya peningkatan trafik data sebesar 2 kali lipat setiap sekitar 9 bulan.
 
Dalam sebuah pernyataan resmi, Tri menyebutkan bahwa Nokia akan memberikan dukungan teknologi jaringan di beberapa kota di Indonesia. Empat di antaranya adalah Surabaya, Semarang, Solo dan Yogyakarta, yang dirasa sebagai kota-kota yang paling padat di Indonesia.
 
"Penggelaran teknologi mobile kami di wilayah yang sangat penting ini akan memberikan Hutchison 3 Indonesia fleksibilitas jaringan yang dibutuhkan untuk memenuhi trafik yang semakin beragam, sekarang dan di masa depan karena permintaan pelanggan berkembang," kata President Director, Nokia Indonesia, Robert Cattanach.
 
Dengan teknologi dari Nokia, Tri akan dapat memanfaatkan sumber daya jaringan yang mereka miliki dengan lebih baik. Selain itu, teknologi ini juga akan berfungsi sebagai pondasi untuk melakukan perubahan jaringan jika terjadi peningkatan permintaan layanan data di masa depan.
 
Hingga akhir tahun 2015, Tri memiliki pengguna sebanyak 55,5 juta pelanggan, menjadikan mereka sebagai operator dengan pelangan terbesar ketiga di Indonesia. Posisi pertama dan kedua ditempati oleh Telkomsel yang memiliki pelanggan sebanyak 152 juta orang dan Indosat Ooredoo dengan jumlah pelanggan 69 juta orang.
 
Sementara itu, Tri juga menyebutkan bahwa mereka adalah operator yang melayani data dengan trafik terbesar kedua di Indonesia. Setiap harinya, mereka melayani trafik data sebesar 1.200 - 1.300 TB. Sebagai perbandingan, XL menyebutkan bahwa setiap harinya, mereka harus melayani trafik data sebesar 1.350 TB. Hal ini mereka sampaikan dalam sebuah media update yang dilakukan pada minggu lalu.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif