Merayakan ulang tahun ke-15, Google menggulirkan update besar untuk Google Maps versi Android dan iOS.
Merayakan ulang tahun ke-15, Google menggulirkan update besar untuk Google Maps versi Android dan iOS.

Ulang Tahun ke-15, Google Maps Gulirkan Update Besar

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 07 Februari 2020 13:18
Jakarta: Google Maps merayakan ulang tahunnya ke-15, dan menggulirkan update besar untuk aplikasi versi Android dan iOS sebagai bentuk perayaan tersebut. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 lalu.
 
Google menyebut bahwa terdapat lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia yang bergantung pada aplikasi ini untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain secara cepat dan aman. Update ini dilaporkan Phone Arena telah mulai digulirkan dan akan menampilkan lima tab di bagian bawah layar aplikasi.
 
Kelima tab tersebut terdiri dari Explore, Commute, Saved, Contribute dan Update. Pada tab Explore, pengguna akan disuguhi rating, review, dan informasi lain terkait restoran, atraksi dan lokasi menarik di sekitar pengguna, bermanfaat bagi pengguna yang tengah menjelajahi wilayah baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, tab Commute menampilkan cara untuk tiba dari lokasi A ke lokasi B dalam perjalanan sehari-hari, serta menampilkan saran dan peringatan terkait lalu lintas, kecelakaan, waktu tempuh, dan rute alternatif potensial.
 
Tab Save berfungsi sebagai lokasi penyimpanan informasi hasil pencarian pengguna. Google menyebut bahwa pengguna Maps telah menyimpan sebanyak lebih dari 6,5 miliar lokasi. Tab Contribute memungkinkan pengguna berkontribusi kepada Maps terkait dengan informasi lokasi yang telah dikunjungi.
 
Informasi ini termasuk detail terkait jalan dan alamat, lokasi yang hilang, review bisnis dan foto, dan ditujukan untuk membantu pengguna Maps lain dalam mengambil keputusan terkait makanan yang akan dicoba dan lokasi yang akan dikunjungi.
 
Tab Update merupakan tab baru di aplikasi Maps, berkemampuan untuk berbagi informasi terkait lokasi yang harus dikunjungi dan tengah menjadi tren di lokasi pengguna berada. Tab ini juga berfungsi sebagai medium untuk berbagi rekomendasi personal pengguna dan berbincang langsung dengan bisnis via Google Maps.
 
Update akan berbekal dukungan untuk penggunaan berbasis teknologi Augmented Reality (AR), Live View, saat menelusuri rute. Tanda panah dan arahan ditampilkan secara langsung di layar menu kamera yang merekam lokasi pengguna berada.
 
Selama beberapa bulan mendatang, Google akan memperluas kapabilitas fitur ini, termasuk kemampuan untuk menentukan arah dan jarak dari lokasi tertentu dari lokasi pengguna saat menggunakan aplikasi.
 
Bagi pengguna transportasi publik, pengguna akan menerima umpan balik dari pengguna lain yang menempuh rute bus atau kereta, terkait suhu di dalam kendaraan serta ketersediaan akses untuk pengguna dengan disabilitas.
 
Di pasar dengan transportasi publik yang menawarkan bagian khusus untuk perempuan, Maps akan menunjukan dan mencatat saat komuter lokal mengikuti peraturan di wilayah tersebut. Maps juga menampilkan informasi soal kehadiran petugas keamanan atau kamera pengawas keamanan di lokasi tersebut, serta nomor kontak yang dapat dihubungi.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif