Waze rilis survei terkait waktu terbaik untuk berpergian. (Wikimedia)
Waze rilis survei terkait waktu terbaik untuk berpergian. (Wikimedia)

Bulan Ramadan, Jangan Berpergian di Hari Senin

Teknologi waze ramadan 2017
Ellavie Ichlasa Amalia • 15 Juni 2017 17:16
medcom.id, Jakarta:Kota-kota besar di Indonesia memang identik dengan kemacetan. Namun, dengan aplikasi peta, Anda bisa terlebih dulu memeriksa keadaan jalan sebelum berangkat. Waze juga baru saja merilis survei terkait waktu terbaik untuk berpergian di saat bulan Ramadan.
 
Menurut survei ini, waktu terbaik untuk berpergian adalah pada hari Selasa, karena pada hari tersebut, ada penurunan jumlah pengendara sampai 27 persen. Dan hal ini berlaku sepanjang hari. Selain hari Selasa, hari Sabtu juga waktu yang baik untuk berpergian. Pada hari ini, ada 16 persen lebih sedikit pengendara dari hari biasanya. Namun, ini hanya berlaku jika Anda pergi sebelum pukul 12 siang.
 
Waktu terburuk untuk berpergian adalah pada hari Senin. Pada hari ini, terjadi peningkatan pengendara sebanyak 21 persen. Untungnya, pola ini hanya berlaku selama 4 jam, yaitu mulai pukul 10 pagi hingga 2 siang. Berpergian pada hari Minggu juga bukanlah ide bagus. Pada hari Minggu, terdapat 16 persen lebih banyak pengemudi. Peningkatan ini terjadi hampir sepanjang hari, yaitu mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bulan Ramadan, Jangan Berpergian di Hari Senin
 
Dalam survei ini, Waze juga menemukan bahwa selama Ramadan, terjadi peningkatan jumlah kecelakaan sebesar 80 persen. Selain itu, notifikasi gangguan perjalanan dalam aplikasi Waze juga naik 65 persen. Kemacetan lalu lintas mengalami peningkatan sebesar 65 persen sementara jumlah polisi di jalan justru berkurang 19 persen.
 
Dalam masa liburan, jam sibuk juga dimulai lebih pagi, yaitu sekitar 10 pagi, padahal biasanya, jam sibuk baru akan dimulai pada jam 12 siang. Tidak hanya itu, di beberapa kota di Indonesia, terjadi peningkatan trafik lalu lintas seperti di Bandung, Cirebon, Denpasar, Malang, Semarang, Surakarta dan Yogyakarta. Biasanya, tingkat lalu lintas mulai naik satu hari sebelum mudik.
 
Survei ini dibuat oleh Waze berdasarkan data lalu lintas yang dikirimkan oleh pengguna Waze ke aplikasi selama bulan Ramadan tahun lalu. Untuk membuat data dan temuan yang sebanding, Waze juga mencatat data selama 4 minggu sebelum dan sesudah lebaran.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif