Joe Harahap, Country Manager CleverTap Indonesia
Joe Harahap, Country Manager CleverTap Indonesia

Tinggalkan Cara Manual, AI Bikin Kampanye Pemasaran Lebih Personal dan Emosional

Mohamad Mamduh • 07 Juni 2024 18:23
Jakarta: Daya pikat kecerdasan buatan (AI) sudah merambah jauh ke banyak sektor dan industri di dunia. Salah satu sektor yang kini sedang menggali benefit AI adalah pemasaran.
 
Joe Harahap, Country Manager CleverTap Indonesia, mengatakan dengan AI tenaga pemasar dan brand bisa menjangkau jutaan pengguna dengan kampanye yang lebih dipersonalisasi dan mengoptimalkan strategi customer engagement serta membuka potensi Customer Lifetime Value.
 
“Dalam hal pemasaran, AI berdampak pada hampir semua aspek seperti analitik, komunikasi media sosial, outbound marketing, dan pemasaran konten. AI juga dapat mengatasi hal-hal yang monoton sehingga pemasar dapat melakukan hal-hal lain yang lebih berdampak pada bisnis,” kata Joe Harahap.
 
“Tanpa AI, proses manual seperti segmentasi pengguna, push notification, dan kompilasi laporan akan menghabiskan waktu dan sumber daya secara signifikan, sehingga brand tidak bisa melakukan pemasaran yang efektif kepada jutaan pengguna.”
 
Untuk itulah, CleverTap baru-baru ini meluncurkan Clever.AI di Indonesia, engine AI yang diklaim dapat dapat membangun pemahaman seperti manusia terhadap pelanggan dan secara efisien memberikan pengalaman yang dipersonalisasi yang beresonansi dengan mereka, yang pada akhirnya memaksimalkan value seumur hidup pelanggan.
 
Hal itu didukung oleh studi bertajuk AI Edge in Customer Engagement Report 2024 dari CleverTap yang menganalisis jutaan kampanye yang dijalankan brand di lebih dari 50 negara dan memanfaatkan Clever.AI untuk mendapatkan insight tentang kematangan pemanfaatan AI.

Studi itu menunjukkan manfaat AI dalam customer engagement antara lain 82% mencapai peningkatan efisiensi operasional, 64% mengalami waktu yang lebih cepat untuk mendapatkan nilai, 63% mengalami peningkatan rasio klik-tayang, dan 54% mencapai pembuatan konten yang lebih cepat.
 
Joe mengatakan Clever.AI bukanlah produk AI pertama dan satu-satunya dari CleverTap.  Untuk AI Generatif, CleverTap memiliki Scribe yang diluncurkan tahun lalu. Scribe adalah generator konten AI yang cerdas secara emosional yang membantu brand menciptakan pesan pemasaran yang dipersonalisasi dan beresonansi secara emosional.
 
Scribe memanfaatkan AI generatif untuk secara otomatis menyesuaikan konten berdasarkan tema-tema emosional yang efektif, seperti FOMO di industri fesyen, atau emosi lain seperti antisipasi, kegembiraan, kejutan, dan kepercayaan.
 
Selain itu, CleverTap sudah memiliki Intent-Based Segmentation untuk melakukan Segmentasi Prediktif, lalu untuk Rekomendasi, ada penawaran Catalogs and Recommenders, sedangkan untuk eksperimentasi framework berbasis AI ada Intellinode.
 
“Clever.AI adalah tingkat inovasi CleverTap selanjutnya dalam bidang AI. Kami percaya bahwa dampak Clever.AI pada bisnis akan sangat besar dan beragam,” ucap Joe.
 
Sebagai sebuah engine AI, Clever.AI akan memungkinkan brand meningkatkan kedalaman dan efektivitas interaksi dengan pelanggan dan membantu bisnis mengoptimalkan strategi customer engagement mereka.
 
Clever.AI membantu brand mengotomatiskan tugas-tugas yang membosankan, menyederhanakan peluncuran kampanye, pembuatan konten, dan eksperimen dalam skala besar, sehingga brand dapat fokus pada strategi dan menjadi lebih berwawasan, berempati, dan dapat ditindaklanjuti. Dibangun di atas tiga pilar inti AI - Prediktif, Generatif, dan Preskriptif - Clever.AI mengubah customer engagement dengan membuat interaksi menjadi lebih cerdas dan efisien.
 
Dengan cara itu, brand dapat menciptakan pengalaman dan kampanye yang sangat personal dan didukung oleh TesseractDB, basis data yang dibuat khusus untuk customer engagement, kampanye bisa dihasilkan dengan lebih cepat dan memiliki skalabilitas yang tinggi.
 
Joe mengatakan, Clever.AI memungkinkan brand mengalami peningkatan tingkat konversi, rasio klik-tayang (click-through rates - CTR), pembelian, dan nilai pesanan rata-rata (average order values - AOV). Clever.AI telah membantu brand seperti TouchnGo, Swiggy, dan Burger King.
 
Namun solusi ini sendiri disebut cocok untuk perusahaan di berbagai industri di Indonesia, termasuk e-commerce, penerbangan, serta teknologi makanan dan minuman. Sebelumnya CleverTap sudah melayani pelanggan di Indonesia antara lain Indosat, Bluebird, Electronic City, Fore, RCTI+, Bank SinarMas, termasuk Kitabisa, platform fundraising online.
 
Joe mengatakan Clever.AI dihadirkan dengan komitmen pada praktik-praktik yang etis dalam hal penanganan data termasuk data transfer, sehingga tidak melanggar regulasi yang ada di Indonesia. Untuk privasi data dan keamanan, platform tersebut dijalankan secara lokal di Indonesia via AWS untuk membantu pelanggan sektor keuangan dalam memenuhi persyaratan kepatuhan lokal serta meningkatkan kerahasiaan dan integritas data.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan