NEWSTICKER
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Daftar Smartphone Flagship 2020 yang pakai Snapdragon 865

Teknologi teknologi hardware qualcomm smartphone
Cahyandaru Kuncorojati • 26 Februari 2020 15:09
Jakarta: Snapdragon 865 menjadi chipset tertinggi sekaligus tercanggih Qualcomm. Chipset ini diperkenalkan pada bulan Desember lalu di Hawaii dalam acara tahunan Qualcomm yang juga dihadiri oleh Medcom.id.
 
Meskipun diperkenalkan pada akhir tahun lalu, chipset ini disediakan untuk smartphone tahun ini. Ada dua merek yang sudah menggunakannya yaitu Xiaomi Mi 10 Pro dan keluarga Samsung Galaxy S20 Series.
 
Qualcomm mengklaim ada 70 model smartphone yang sudah dalam proses pengembangan di pengumuman terbaru. Di situs resminya mereka menyebut keseluruhan ada 1.750 desain smartphone yang akan menggunakannya. Tentunya smartphone yang akan menggunakannya akan tersedia di tahun ini

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bersama dengan pengumuman tersebut Qualcomm juga memberikan daftar smartphone lain yang juga menggunakan chipset tersebut. Menariknya hal ini mengungkap daftar smartphone baru yang akan hadir di 2020 dari beberapa merek.
 
Asus ternyata bakal menghadirkan ROG Phone 3 dan Black Shark juga ingin memperkenalkan smartphone gaming ketiganya. Lenovo yang sempat dikabarkan ingin merilis smartphone gaming ternyata benar. Nama Lenovo Gaming Phone juga muncul dalam daftar tersebut.
 
Pasar smartphone gaming benar-benar ramai. Sub-brand Vivo bakal menghadirkan iQoo 3 kemudian ada Nubia Red Magic 5G. Selain seri smartphone gaming ada Oppo Find X2 dan realme X50 Pro yang rencana kehadirannya sudah ramai di internet.
 
Vivo juga bakal memperkenalkan concept phone terbarunya yaitu Vivo Apex 2020. Selanjutnya ada Sony Xperia 1 II dan Sharp Aquos R5G serta ZTE Axon 10s Pro. Penggemar di Indonesia juga bisa berharap bahwa Redmi K30 Pro, dan Asus ZenFone 7 bakal ikut dirilis di Tanah Air.
 
Qualcomm Snapdragon 865 ditanamkan CPU Kryo 585 di 2,84GHz dan yang diklaim punya performa 25 persen lebih tinggi dari seri sebelumnya, Snapdragon 855. Mereka sendiri belum memberikan informasi mengenai kehadiran seri Plus seperti Snapdragon 855 Plus untuk segmen gaming.
 
Otak dari Snapdragon 865 juga masih mendukung kemampuan kecerdasan buatan. AI Engine generasi kelima Qualcomm dijanjikan bisa menyediakan banyak kemampuan di smartphone, tapi dengan konsumsi daya paling rendah.
 
Hal tersebut memungkinkan pengguna smartphone tidak perlu mematikan atau tidak menggunakan fitur AI seperti asisten digital karena takut baterai boros. Kemampuan kalkulasi AI di Snapdragon 865 mencapai 15 TOPS dan diklaim tercepat dibandingkan kompetitor.
 
Di GPU menggunakan Adreno 650 yang juga diklaim memiliki peningkat performa 25 persen dari seri sebelumnya. GPU jadi komponen penting dalam mobile gaming saat ini. GPU Adreno 650 di Snapdragon 865 kini bisa mendukung layar resolusi QHD+ di 144Hz. Artinya, gambarnya akan semakin halus dan tajam sekelas pengalaman bermain game di monitor PC.
 
Dalam informasi spesifikasi dan fitur Qualcomm Snapdragon 865, disebutkan bahwa kapasitas memori RAM juga bisa ditingkatkan mencapai 16GB. Peningkatan dari smartphone premium dan gaming tahun 2019 yang sudah menyentuh 12GB.
 
Bicara kamera, pihak Qualcomm tidak ragu menyebut bahwa kamera belakang smartphone di 2020 bisa menjadi lima kamera. Snapdragon 865 membuka opsi smartphone bisa punya kemampuan sensor hingga 200MP.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif