Beragam inovasi fitur di Qualcomm Snapdragon 865 untuk digunakan pada smartphone di tahun depan. (Medcom.id/Cahyandaru Kuncorojati)
Beragam inovasi fitur di Qualcomm Snapdragon 865 untuk digunakan pada smartphone di tahun depan. (Medcom.id/Cahyandaru Kuncorojati)

Snapdragon 865, Bawa 5 Kamera Sampai RAM 16GB

Teknologi teknologi hardware qualcomm review prosesor
Cahyandaru Kuncorojati • 06 Desember 2019 07:56
Maui: Di hari kedua Qualcomm Tech Summit 2019, dijelaskan lebih mendalam mengenai chipset kelas premium Snapdragon 865. Chipset ini dijadwalkan tersedia untuk smartphone di tahun 2020.
 
Sejak hari pertama rangkaian acara, chipset ini memang dibanggakan sebagai chipset 5G terbaik di dunia. Diklaim bisa menyediakan kecepatan downloa hingga 7,5Gbps. Mungkin hal ini bukan kabar menarik bagi penggemar gadget di Indonesia.
 
Alasannya sudah jelas, di Tanah Air kehadiran 5G yang ditujukan untuk perangkat seluler tampaknya masih harus menunggu. Apakah Snapdragon 865 akan tetap hadir di Indonesia? Tentu saja, berbekal desain modular platform yang diperkenalkan kemarin, chipset mereka bisa dipasarkan tanpa modem 5G.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Qualcomm Snapdragon 865 ditanamkan CPU Kryo 585 di 2,84GHz dan yang diklaim punya performa 25 persen lebih tinggi dari seri sebelumnya, Snapdragon 855. Mereka sendiri belum memberikan informasi mengenai kehadiran seri Plus seperti Snapdragon 855 Plus untuk segmen gaming.
 
Snapdragon 865, Bawa 5 Kamera Sampai RAM 16GB
 
Otak dari Snapdragon 865 juga masih mendukung kemampuan kecerdasan buatan. AI Engine generasi kelima Qualcomm dijanjikan bisa menyediakan banyak kemampuan di smartphone,tapi dengan konsumsi daya paling rendah.
 
Hal tersebut memungkinkan pengguna smartphone tidak perlu mematikan atau tidak menggunakan fitur AI seperti asisten digital karena takut baterai boros. Kemampuan kalkulasi AI di Snapdragon 865 mencapai 15 TOPS dan diklaim tercepat dibandingkan kompetitor.
 
Dipastikan chipset ini juga akan sangat mendukung performa gaming di smartphone tahun depan. Di GPU menggunakan Adreno 650 yang juga diklaim memiliki peningkat performa 25 persen dari seri sebelumnya.
 
GPU jadi komponen penting dalam mobile gaming saat ini. GPU Adreno 650 di Snapdragon 865 kini bisa mendukung layar resolusi QHD+ di 144Hz. Artinya, gambarnya akan semakin halus dan tajam sekelas pengalaman bermain game di monitor PC.
 
Bandingkan dengan smartphone gaming saat ini yaitu ASUS ROG Phone 2 yang refresh rate maksimal adalah 120Hz. Kabar baiknya, fitur Qualcomm Elite Gaming bakal mengeksplorasi peningkatan kemampuan GPU lewat pembaruan seperti kemampuan kartu grafis di PC gaming untuk mendukung rendering yang lebih tinggi.
 
Snapdragon 865, Bawa 5 Kamera Sampai RAM 16GB
 
Update driver GPU memungkinkan smartphone terus mendapatkan inovasi atau fitur baru yang mendukung pengalaman bermain game. Misalnya, kualitas gambar di game menjadi lebih tinggi secara berkala.
 
Dalam informasi spesifikasi dan fitur Qualcomm Snapdragon 865, disebutkan bahwa kapasitas memori RAM juga bisa ditingkatkan mencapai 16GB. Peningkatan dari smartphone premium dan gaming tahun 2019 yang sudah menyentuh 12GB.
 
Bicara kamera, pihak Qualcomm tidak ragu menyebut bahwa kamera belakang smartphone di 2020 bisa menjadi lima kamera. Empat kamera belakang akan ditinggalkan sebagai inovasi tahun 2019. Snapdragon 865 membuka opsi smartphone bisa punya kemampuan sensor hingga 200MP.
 
Kemampuan pengolahannya menggunakan Qualcomm Spectra 480 ISP kini punya kecepatan untuk mengolah piksel yang tertangkap lensa hingga 2Gigapiksel per detik. Hal ini memungkinkan smartphone di tahun depan punya kemampuan kamera ganda 25MP atau satu kamera 65MP dan sisanya bisa ditambahkan kamera dengan lensa fungsi khusus.
 
Snapdragon 865, Bawa 5 Kamera Sampai RAM 16GB
 
Kemampuan merekam video juga semakin besar sehingga muncul pertanyaaan mengenai ukuran data yang dihasilkan dan kapasitas memori penyimpanan yang dibutuhkan. Qualcomm Snapdragon 865 memungkinkan peremkaman video 8K di frame rate 30fps.
 
Pada saat merekam video 4K, pengguna bisa sekaligus mengambil foto dari proses perekaman dengan hasil resolusi 64MP. Di fitur slow motion nantinya smartphone punya kemampuan untuk mereka dengan frame rate tertinggi yaitu 960fps.
 
Mengingat chipset Qualcomm Snapdragon sangat mendominasi pasar smartphone di Indonesia. Di sini penggemar gadget bisa mulai membayangkan kemampuan smartphone yang akan dijumpai tahun depan dari berbagai mereka yang mengadopsi Snapdragon 865.

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif