Ilustrasi. (AP/Rich Pedroncelli)
Ilustrasi. (AP/Rich Pedroncelli)

Di Prancis, Waze Digunakan untuk Hindari Razia Polisi

Teknologi waze
Cahyandaru Kuncorojati • 21 November 2018 15:53
Jakarta: Tidak semua orang merasa terbantu dengan aplikasi navigasi seperti Waze. Pemerintah Prancis adalah salah satu yang tidak menyukai aplikasi yang diandalkan untuk mencari jalan dan menembus kemacetan.
 
Dikutip dari CNET, pemerintah setempat di sebuah provinsi di Prancis mengajukan gugatan kepada aplikasi navigasi seperti Waze dan Coyotte untuk menghilangkan fitur yang memberikan kesempatan bagi penggunanya membagikan posisi polisi di sebuah jalan.
 
Seperti yang diketahui, aplikasi Waze sesama penggunanya bisa berbagai informasi mengenai kemacetan, kecelakaan maupun lokasi polisi yang ada di jalan. Justru fitur terakhir yang disebutkan tadi dianggap berbahaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fakta di lapangan menurut kepolisian Prancis, banyak pengemudi yang menghindari polisi dengan alasan takut ditilang. Namun, bagi pihak kepolisian hal ini juga berbahaya karena menyulitkan mereka melakukan investigasi kriminal maupun melancarkan operasi antiteror.
 
Oleh sebab itu, kepolisian dan pemerintah Prancis meminta fitur tersebut dihilangkan. Di sisi lain sebenarnya fitur berbagai informasi lokasi polisi selama perjalanan juga memiliki hal positif berdasarkan penolakan yang dilontarkan organisasi otomotif 40 Million Motorist di Prancis.
 
Pengguna aplikasi bisa dengan mudah mengetahui lokasi polisi terdekat untuk meminta bantuan dalam keadaaan darurat.
 
Apabila pengemudi dibuntuti oleh kendaraaan tidak dikenal, mereka bisa langsung berkendara ke lokasi polisi dari pada menelpon kerabat atau menunggu kendaraan tersebut mendahuluinya.
 
Sejauh ini, pihak Waze maupun Coyote yang digugat sebesar USD34.000 (Rp495 juta) belum memberikan tanggapan. Selain denda, pemerintah juga mengajukan hukuman pidana berupa kurungan penjama selama dua tahun.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif