Malware SynoLocker Hantui Pengguna NAS Synology

Teknologi synology
Insaf Albert Tarigan • 05 Agustus 2014 14:16
medcom.id: Pengguna Synology Diskstations and Rackstations diminta berhati-hati karena mereka kini jadi incaran malware bernama SynoLocker. Malware tersebut sama dengan CryptoLocker ransomware yang akan mengenkripsi seluruh berkas Anda. Jika hendak membukanya, Anda diharuskan membayar sejumlah uang.
 
Anandtech mengabarkan, para korban diperas untuk membayar 0.6 Bitcoin atau hampir Rp4,1 juta. Saat ini, server Synology yang terkena dampak SynoLocker hanya sebagian. Selain menyerang server Synology yang terkoneksi ke internet, Synology sudah mengkonfirmasi bahwa SynoLocker juga menyerang server yang menjalankan sistem operasi DSM 4.3. Mereka masih meneliti apakah malware tersebut juga bisa menyerang DSM 5.0.
 
Agar terhindar dari masalah, Synology menyarankan pengguna untuk menutup akses internet terhadap server dan memperbarui DSM ke versi terbaru serta mem-backup seluruh data, sehingga ketika kena serangan SynoLocker, mereka masih punya salinan berkas-berkas penting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, kepada pengguna yang sudah terlanjur menjadi korban SynoLocker, Synology menganjurkan mereka untuk mematikan servernya guna mencegah terulangnya serangan dan menghubungi Synology untuk mengatasi masalah tersebut.
 
Selain itu, Synology mengingatkan agar korban berhati-hati terhadap email palsu yang mengatasnamakan Synology. Synology berharap mereka segera menyelesaikan proses identifikasi terhadap versi DSM mana yang terkena imbas SynoLocker.
 

 

(ABE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif