LINE ACorporation Director sekaligus CSMO, Jun Masuda di acara LINE Conference 2017
LINE ACorporation Director sekaligus CSMO, Jun Masuda di acara LINE Conference 2017

Mengenal Clova, Sistim Kecerdasan Buatan dari LINE

Teknologi line
Riandanu Madi Utomo • 16 Juni 2017 07:30
medcom.id. Tokyo: Setelah muncul di ajang MWC 2017, LINE kembali memperkenalkan sistem kecerdasan buatannya yaitu Clova di ajang LINE Conference 2017 yang digelar di Tokyo, Jepang.
 
Dalam ajang tersebut, LINE memperlihatkan berbagai aplikasi dan kerja sama pengembangan Clova yang merupakan sistem kecerdasan buatan (AI) berbasiskan cloud, mulai dari penerapannya dalam perangkat internet of things (IoT), hingga penerapan ranah korporasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggannya.
 
Clova dikatakan memiliki dua sistem utama, yaitu Clova Interface dan Clova Brain. Clova Interface merupakan fasilitas agar perintah dari pengguna bisa dikenali oleh Clova. LINE mengklaim Clova bisa mengenali perintah melalui suara dan citra menggunakan sistem bernama Clova Voice serta Clova Vision. Setelah mengenali perintahnya, informasi akan diteruskan ke Clova Brain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenal Clova, Sistim Kecerdasan Buatan dari LINE
 
Di Clova Brain, informasi akan diolah dan hasilnya akan ditayangkan di perangkat yang telah terintegrasi dengan Clova.
 
Clova Brain menggunakan teknologi pengolahan big data dengan sistem AI khusus sehingga memungkinkannya untuk menghadirkan respon secara tepat. Karena menggunakan big data dan AI, Clova dapat terus belajar sehingga semakin pintar jika sering digunakan.
 
Clova rencananya akan dihadirkan di berbagai perangkat, mulai dari perangkat internet of things (IoT), smartphone, komputer, televisi, hingga mobil. LINE sudah menggandeng berbagai perusahaan untuk mengembangkan penerapan dari Clova.
 
Beberapa perusahaan tersebut di antaranya adalah Sony, Toyota, dan Family Mart. Ya, Clova memang sudah direncananakan hadir di aksesori ponsel dari Sony, mobil dari Toyota, bahkan di sistem penjualan retail di berbagai cabang Family Mart.
 
Mengenal Clova, Sistim Kecerdasan Buatan dari LINE
 
Meski demikian, LINE masih baru akan mengembangkan ekosistem Clova di Jepang terlebih dulu, terlebih lagi Clova baru bisa mengenali bahasa Jepang dan Korea. Mungkin akan butuh waktu beberapa tahun sebelum Clova mulai merambah ke negara lain, khususnya Indonesia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif