Peluncuran Mozilla Firefox Lite di Jakarta, Kamis 1 November 2018
Peluncuran Mozilla Firefox Lite di Jakarta, Kamis 1 November 2018

Strategi Mozilla Gaet Kembali Konsumen Indonesia

Teknologi mozilla firefox gadget
Mohammad Mamduh • 01 November 2018 18:01
Jakarta: Mozilla secara resmi meluncurkan peramban mobile anyar Firefox Lite untuk pasar Indonesia, Kamis 1 November 2018.
 
Peramban versi ringan yang sebelumnya bernama Firefox Rocket ini menyasar konsumen dengan ponsel di kelas entry-level, dan tersedia untuk perangkat Android. Pihak Mozilla mengatakan peramban ini spesial untuk Tanah Air.
 
“Kami sadar bahwa Indonesia adalah pengguna terbesar kami. Untuk peramban PC, dahulu kami punya pangsa pasar 20 persen, dan Indonesia berkontribusi cukup besar,” kata Head of Product Mozilla Asia, Joe Cheng.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengaku, saat ini Mozilla melihat berbagai tantangan dalam usaha merangkul kembali konsumen Indonesia lewat peramban mobile.
 
Jumlah pengguna smartphone memang lebih besar dari PC. Hanya saja, smartphone Android saat ini sudah punya peramban bawaan, dan biasanya konsumen tidak merasa begitu perlu memasang peramban tambahan.
 
Joe menyebut mereka punya beberapa strategi agar konsumen melihat bahwa Firefox Lite layak dipasang di perangkat konsumen.
 
“Kita menggandeng beberapa pabrikan untuk memasang Firefox Lite sebagai aplikasi bawaan di ponsel,” kata Joe. Itu saja belum cukup, ia mengatakan Firefox Lite menjadi peramban yang spesial jika melihatnya dari halaman depan.
 
Selain itu, saat ini Mozilla juga menggandeng partner lain untuk menyediakan konten menarik pada halaman depan ini.
 
“Kita ingin lebih merangkul pengguna dengan menggandeng beberapa partner, seperti pengembang game, atau e-comemrce untuk menampilkan flash sale. Ini bisa jadi alasan pengguna untuk tetap membuka Firefox. Namun, kita tetap ingin memberikan tampilan halaman depan yang tetap bersih, dan bisa dikustomisasi.”
 
Joe juga tidak menutup kemungkinan menyulap perambannya menjadi agregator berita. Langkah ini sudah diterapkan oleh beberapa kompetitornya dalam menggaet pengguna.
 
Ia kembali menegaskan bahwa tampilan Firefox Lite akan tetap bersih, walaupun nantinya sudah cukup banyak konten yang bisa ditampilkan.
 
Sebelumnya Mozilla juga sudah menjalin hubungan erat dengan komunitas pengguna Firefox di Indonesia. Dari situ, mereka mendapatkan berbagai masukan dalam pengembangan peramban, terutama versi mobile.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif