Rajan Vishwadeep, Principal Partner, Client Leadership, WPP Media. Foto: Medcom/fatha annisa
Rajan Vishwadeep, Principal Partner, Client Leadership, WPP Media. Foto: Medcom/fatha annisa

Strategi Multi-Format Storytelling Dongkrak Waktu Tonton YouTube di Indonesia

Fatha Annisa • 05 November 2025 18:20
Jakarta: Total waktu menonton di YouTube meningkat sebesar 20% dari tahun ke tahun. Hal ini didorong oleh kebiasaan masyarakat yang semakin aktif menonton berbagai format video, mulai dari Shorts berdurasi singkat hingga konten long-form di layar TV.
 
Peningkatan ini memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia tidak menonton saja, tetapi juga berinteraksi dan mendalami konten. Kombinasi antara jangkauan luas, tingkat perhatian tinggi, dan rasa percaya terhadap kreator menjadikan YouTube pusat budaya digital.
 
Selain itu, di tengah perubahan cara konsumsi media, kekuatan YouTube juga terletak pada kemampuan kreator dan brand membangun narasi lintas format, atau yang disebut multi-format storytelling.
 
Baca juga: Waktu Menonton Konten Belanja di YouTube Melonjak 400%

 
Konten multi-format unik di YouTube, termasuk Shorts, long-form, Connected TV, memungkinkan pesan tersampaikan dengan efektif kepada audiens yang lebih luas, tanpa kehilangan kedalaman maupun autentisitas.
 
Rajan Vishwadeep, Principal Partner, Client Leadership, WPP Media, mengungkapkan bahwa strategi multi-format menjadi kunci dalam memaksimalkan potensi YouTube. Ia menyebut ada tiga hal penting untuk memaksimalkan format tersebut.
 
“Pertama, manfaatkan konten long-form content, di mana kekuatan utama terletak pada storytelling yang memberi ruang bagi kreator untuk menyusun narasi yang utuh, membangun emosi, dan menyampaikan pesan secara mendalam,” ujar Rajan.
 
 
Baca juga: Cara Aman Download Video YouTube Terbaru

 
Sementara short-form content seperti Shorts bisa digunakan untuk bekerjasama atau berkolaborasi dengan kreator lain. Konten seperti reaction video atau konten kolaboratif lainnya bisa menjadi cara yang efektif untuk tetap autentik dan dekat dengan audiens muda.
 
“Ketiga, mengombinasikan short-form dan long-form content sebagai strategi full-funnel. Konten pendek dapat menarik perhatian dan memperluas jangkauan, sementara konten panjang berperan memperdalam keterlibatan dan mendorong konversi,” jelas Rajan.
 
Pendekatan multi-format storytelling inilah yang kini menjadi keunggulan YouTube bagi pemasar dan kreator. Dengan kemampuan menjangkau pemirsa di berbagai layar dan format, serta membangun kepercayaan yang kuat terhadap konten dan kreator, YouTube menjadi pusat hiburan sekaligus ekosistem video di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(PRI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan