Jakarta: Laporan Digital 2026: Indonesia mengungkap nyaris 63 persen populasi Indonesia aktif menggunakan media sosial (medsos).
Menurut laporan dari hasil kolaborasi We Are Social dan Meltwater tersebut, tercatat pengguna media sosial di Tanah Air melonjak sebesar 26% hingga mencapai 180 juta identitas pengguna. Angka tersebut setara dengan 62,9% populasi Indonesia.
Tak main-main, masyarakat Indonesia dilaporkan menghabiskan 21 jam 50 menit per minggu di media sosial, termasuk menonton video daring yang menghabiskan waktu lebih dari tiga jam setiap harinya.
WhatsApp Paling Sering Digunakan

WhatsApp tercatat menjadi aplikasi paling sering digunakan dan disukai, dengan sembilan dari sepuluh orang di Indonesia aktif menggunakan aplikasi ini setiap bulannya. Diikuti Instagram di peringkat kedua dan Facebook di peringkat tiga.
Namun jika dilihat dari interaksi harian, WhatsApp dan TikTok hampir imbang dengan pengguna menghabiskan sekitar 1 jam 53 menit di TikTok dan 1 jam 52 menit di WhatsApp per hari.

Sedangkan untuk atensi yang lebih mendalam, YouTube memimpin dengan durasi sesi rata-rata terlama, yaitu 16 menit 49 detik. Selanjutnya ada Snackvideo dengan durasi sesi rata-rata 15 menit 4 detik, serta TikTok 11 Menit 33 detik.
Dari laporan ini terlihat bahwa koneksi sosial dalam kehidupan daring menjadi hal yang semakin penting bagi masyarakat Indoensia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id