Apple semakin menyeriusi usahanya dalam mengembangkan chip modem untuk iPhone.
Apple semakin menyeriusi usahanya dalam mengembangkan chip modem untuk iPhone.

Apple Serius Ingin Buat Chip Modem Sendiri

Teknologi apple iphone
Lufthi Anggraeni • 08 Februari 2019 09:46
Jakarta: Apple dilaporkan merekrut pegawai baru untuk mengembangkan proyek ambisius agar mereka bisa mengurangi ketergantungan pada perusahaan modem seluler pihak ketiga seperti Intel. Sekarang, Apple dikabarkan telah melakukan perubahan organisasi, yang mengindikasikan keseriusannya terkait usaha tersebut.
 
Dikutip dari PhoneArena, mulai bulan Januari lalu, dua narasumber menyebut bahwa Johny Srouji akan bertanggung jawab atas pengembangan chip modem internal Apple, yang sebelumnya dipimpin oleh Ruben Caballero.
 
Srouji merupakan Senior Vice President divisi Hardware Technology Apple. Dia akan melaporkan perkembangan secara langsung kepada CEO Apple, Tim Cook. Sementara itu, Caballero kembali ke posisi semula, yaitu Vice President Wireless System Design Engineering Group.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Singkatnya, Apple memperlakukan proyek ini dengan serius, meski informasi terkait dengan jadwal peluncuran modem pertama karyanya masih belum tersedia.
 
Setelah bertahun-tahun bekerja sama, Apple memutuskan untuk menuntut Qualcomm dan mulai menggunakan modem buatan Intel. Intel diperkirakan akan menyediakan chip modem untuk iPhone berkonektivitas 5G pertama, yang akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang.
 
Mulai tahun 2021, Apple dilaporkan tidak akan lagi membutuhkan pemasok eksternal untuk merancang modem berkecepatan tinggi untuk iPhone. Selain Apple, Samsung dan MediaTek juga dikabarkan tengah mempersiapkan diri untuk merambah ranah smartphone berkonektivitas 5G tersebut.
 
Tindakan yang dilakukan Apple dalam waktu singkat ini dinilai sebagai langkah besar. Langkah ini diperkirakan akan membutuhkan investasi dan biaya pengembangan sebesar ratusan juta dollar per tahunnya. Apabila upayanya ini berhasil, Apple akan dapat menghemat miliaran dollar per tahun, biaya yang biasanya dibayarkan Apple kepada Qualcomm dan Intel.
 
Manfaat lain dari pengintegrasian modem karyanya dengan prosesor seri A Apple adalah desain ukuran chip yang lebih kecil, lebih efisien menyoal daya, dan terkemas dalam satu kemasan silikon. Namun kemungkinan, Apple tidak akan bisa merealisasikan rencananya dalam waktu dekat.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi