Ilustrasi. (Associated Press)
Ilustrasi. (Associated Press)

Facebook Pantau Penggunanya iPhone via Kamera Depan?

Teknologi media sosial apple facebook iphone cyber security
Cahyandaru Kuncorojati • 13 November 2019 14:30
Jakarta: Tidak ada yang mengetahui alasan media sosial buatan Mark Zuckerberg gemar memata-matai penggunanya. Bahkan mereka beberapa kali ketahuan melakukan "penyadapan" melalui fitur di smartphone penggunanya. Terbaru, mereka ketahuan mengakses kamera depan iPhone pengguna.
 
Hal ini ditemukan oleh salah satu pengguna yang menyadari keanehan saat sedang menggunakan aplikasi Facebook. Dia menemukan sebuah gambar di latar belakang aplikasi yang sedikit memperlihatkan tangkapan gambar dari kamera depan iPhone.
 
Dikutip dari Business Insider, temuan ini dilaporkan oleh pengguna Twitter bernama Joshua Maddux. Dalam unggahannya dia menyertakan video yang memperlihatkan aktivitas menyapukan jemari di halaman aplikasi Facebook.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara tidak sengaja dia menyadari sisi dari tampilan yang hampir tertutup seluruh aplikasi adalah sebuah gambar yang terekam dari kamera depan iPhone yang digunakan. Di sini dia berspekulasi bahwa di Facebook ada bug yang membuat kamera iPhone aktif tanpa izin atau pemberitahuan sebelumnya.

Jelas hal ini merupakan sebuah pelanggaran privasi pengguna. Meskipun tidak diketahui apakah kamera depan tersebut hanya terbuka dan aktif saja atau juga merekam video atau mengambil foto dan mengirimnya ke tujuan tertentu.
 
Pihak Facebook tidak lama langsung merespons atas hebohnya kabar ini. Mereka membantah sengaja melakukannya dan menyatakan tidak ada bukti bahwa Facebook memanfaatkan bug ini dengan mengambil video atau foto untuk perusahaannya.
 
"Kami baru saja menemukan bahwa aplikasi kami di iOS berjalan tidak sempurna. Kami sedang memperbaikan dalam seminggu terakhir. Kami secara tidak sengaja menghasilkan sebuah bug di aplikasi di mana navigasi layar akan terhubung ke kamera ketika foto di halaman diketuk," tulis Vice President of Integrity, Guy Rosen dalam cuitan Twitter.

Rosen menyatakan pihaknya sudah menyampaikan kepada Apple untuk membantu menyelesaikan bug di aplikasi mereka yang terjadi di sistem operasi iOS.
 
Maddux sendiri menyatakan telah mencoba menemukan bug ini pada lima iPhone lain yang menggunakan sistem operasu iOS 13.2.2. Semuanya memiliki bug yang sama namun tidak ada pada iPhone yang masih memakai iOS 12.
 
Dikutip dari The Next Web mereka juga melakukan percobaan yang sama dan terbukti. Namun bug ini tidak ditemukan di iOS 13.1.3. Ditemukan bahwa bug ini baru akan muncul apabila pengguna mengizinkan aplikasi Facebook mengakses kamera.
 
Apabila tidak pernah mengizinkannya, maka sistem operasi iOS akan selalu memblokir permintaan aplikasi untuk terhubung ke kamera. Meskipun terihat bahwa bug ini muncul di luar dugaan, tapi riwayat Facebook belakangan yang didera kasus kebocoran data pengguna membuat media sosial ini kerap dicurigai.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif